BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) Tahap II resmi dibuka mulai hari ini, Rabu (13/03/24) hingga 26 Maret mendatang.

Tercatat pada Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) pada hari pertama pelunasan BIPIH Tahap II dibuka, hingga pukul pukul 14.19 Wita sudah 63 jemaah haji di Kalimantan Selatan (Kalsel) telah melakukan pelunasan.

Sebanyak 63 jemaah haji yang telah melakukan pelunasan BIPIH pada hari pertama ini tersebar dari 13 Kabupaten Kota se Kalsel, kota Banjarmasin 15 orang, Banjar 7 orang, Tanah Laut 3 orang, Hulu Sungai Tengah 7 orang, Barito Kuala 1 orang, Tabalong 7 orang, Kotabaru 7 orang, Hulu Sungai Utara 10 orang, Balangan 3 orang dan Banjarbaru 3 orang.

Adapun Jemaah haji yang berhak melunasi BIPIH pada pelunasan Tahap II sesuai Keputusan Dirjen PHU Nomor 83 Tahun 2024, yaitu 1) jemaah yang belum melakukan pelunasan biaya haji pada tahap I karena mengalami gagal sistem; 2) pendamping jemaah haji lanjut usia; 3) Jemaah haji penggabungan suami/istri dan anak kandung/orang tua yang terpisah; 4) pendamping jemaah haji penyandang disabilitas.

Antusiasnya Jemaah haji Kalsel melakukan pelunasan pada tahap II ini diharapkan Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin M.M.Pd bisa terus berlanjut di hari-hari berikutnya sehingga total porsi Jemaah haji Kalsel Tahun 1445 H/ 2024 M 4.071 orang bisa terpenuhi. “Semoga setelah pelunasan tahap II ini total porsi Jemaah haji bisa terpenuhi serratus persen,” harapnya.

Tambrin mengimbau agar jajaran PHU pada Kemenag Kabupaten/ Kota bisa memberikan motivasi kepada Jemaah haji yang masuk kriteria pada pelunasan Tahap II agar segera melunasi BIPIH nya.

“Kita harus mengupayakan untuk memenuhi kuota yang telah diberikan kepada provinsi Kalimantan Selatan pada tahun ini, agar waiting list nantinya juga akan berkurang,” tegasnya.

Sebelumnya pada pelunasan tahap I, sebanyak 3.533 jemaah haji Kalsel telah melakukan pelunasan BIPIH melalui Bank Penerima Setoran (BPS) BIPIH yang tersebut di 13 Kabupaten kota se Kalsel.

Adapun besaran BIPIH Jemaah Haji Reguler Tahun 1445 H/2024 M Embarkasi Banjarmasin adalah sebesar Rp. 56.471.105,00,- (Lima Puluh Enam Juta Empat Ratus Tujuh Puluh Satu Ribu Seratus Lima Rupiah).

Penulis : Yanti

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *