BANJARBARU, shalokalindonesia.com—Istri Gubernur Kalimantan Selatan, Hj Raudhatul Jannah atau yang akrab dengan sapaan Acil Odah itu membuka acara Anniversary Galuh Autosport Borneo (GAB) ke-1 dalam kegiatan Baksos (bakti sosial) kolaborasi Denzipur 8/GM di halaman Alaska, Desa Sungai Abid, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru pada Sabtu (20/4) pagi.

Dalan acara yang digagas Klub GAB ini dibawah naungan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Selatan, terlihat Acil Odah didampingi oleh isteri Ketua IMI Kalsel, Hj Shinta Laksmi Dewi, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalsel bersama Rika Ayu Zainab, Koordinator Galuh Autosport Borneo.

“Alhamdullilah kita berkumpul dalam rangka Bakti Sosial di acara Anniversary GAB ke-1. Selamat ya atas satu tahun berjalannya raiders perempuan yang suka main trail, ulun (saya) baru tahu dan ternyata ada di Banua kita,” ucap Acil Odah tersenyum.

Dalam acara ini, Acil Odah merasa kemanfaatan dari kegiatan bakti sosial yang digelar oleh GAB menjadi atensi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan untuk mendukungnya. Karena, menurutnya manusia yang baik adalah memberi kemanfaatan bagi banyak orang.

“Itu anjuran dalam agama kita. Kemudian, ulun senang dan bahagia dengan adanya organisasi atau komunitas GAB di masyarakat. Kita mengetahui bahwa perempuan bisa berdaya,” tutur Acil Odah yang juga Ketua TP PKK Provinsi Kalsel itu.

Acil Odah mengaku, bukan menyampingkan keberadaan laki-laki tetapi hanya menyoal peranan perempuan di masyarakat.

“Ini menunjukan bahwa perempuan-perempuan di Kalsel dapat menunjukan apapun yang dilakukan oleh bapak-bapak sekalian,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Acil Odah mengapresiasi hobi para raiders perempuan di Kalsel. Ia bercerita, sang suami atau Paman Birin juga menyukai motor trail.

“Karena, ulun pernah nyoba milik bapak (Paman Birin). Waktu itu mengukur kaki, coba-coba memang tak sampai. Sehingga, sang raiders perempuan sangat luar biasa dapat mengendarai trail di jalur alam,” ungkap Acil Odah seraya bertepuk tangan.

Acil Odah pun menamai mereka adalah wonder women. Kenapa?

“Tanpa menghindari kodrat perempuan, tetapi kita juga bisa lakukan seperti kaum lelaki,” jelasnya.

Lantas, Acil Odah berpesan agar raiders perempuan itu harus meningkatkan kapasitasnya, belajar terus untuk mencapai kebermanfaatan di masyarakat.

“Supaya peran perempuan juga dilihat,” pungkasnya.

Adapun Isteri Ketua IMI Kalsel, Hj Shinta Laksmi Dewi menyampaikan adanya kegiatan ini. Ia ingin peran perempuan sampai ke pedesaan setempat.

“Menitip pesan ke teman-teman IWAPI Kalsel. Semoga, acara ini gayung bersambut. Mencapai perannya ke pedesaan, meningkatkan perekonomian warga,” ungkap Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalsel dua periode itu.

Sementara itu, Rika Ayu Zainab, Koordinator Galuh Autosport Borneo berterima kasih atas kehadiran peserta raiders perempuan di halaman Alaska.

“Dalam momentum ini juga saya berterima kasih kepada Hj Raudhatul Jannah, isteri Gubernur Kalsel dari Paman Birin yang berkenan hadir. Sebagaimana beliau nanti membuka acara di depan sana, mulainya start para raiders perempuan,” ungkap Rika.

Dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini, Rika turut berterima kasih kepada donator atau sponsor. Sehingga, menurutnya acara perayaan hari ulang tahun (HUT) ini dapat mengenalkan dari komunitas trail perempuan pertama di Kalsel.

“Komunitas Galuh Autosport Borneo ini terdaftar resmi di IMI Kalsel. Kami sebagai pengurus, penghimpun para perempuan dari atlet, anggota atau pemerhati yang hobi di dunia otomotif. Khususnya wanita,” tandasnya.

Siang itu dikelilingi galuh autosport, Acil Odah tengah menyanyikan lagu ultah sembari bertepuk tangan. Kemudian, perlahan ia memotong kue ultah dihadapan masyarakat Desa Sungai Abid.

Pukul 10.05 Wita, Acil Odah pun langsung bergerak ke garis start. Bunyi kepulan strail terdengar, isteri Gubernur Kalimantan Selatan itu bersiap melepas raider perempuan. (mr/Adpim)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *