BANJARBARU, shalokalindonesia.com– Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah kembali meraih penghargaan.

Kali ini, program yang dibesut dengan nama *”Angkasa Bersinar”* ini mendapatkan penghargaan di ajang _Indonesian CSR Awards_ (ICA) 2023 dengan mendapatkan kategori penilaian *_Gold_*.

ICA 2023 merupakan penghargaan tahunan di bidang _Corporate Social Responsibility_ CSR, yang diselenggarakan oleh _Corporate Forum for Community Development_ (CFCD). Acara ini digelar untuk menilai dampak, keberhasilan dan keberlanjutan program _Corporate Social Responsibility_ (CSR) kepada penerima manfaat.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh pihak CFCD dan diterima langsung oleh Assistant Manager TJSL PLN UID Kalselteng Andika Dwi Saputra, di Java Ballroom The Westin Hotel, Jakarta 4 Desember 2023. Keberhasilan Program TJSL Angkasa Bersinar dalam meraih penghargaan ICA _Awards_ ini, menjadi tambahan sederet penghargaan di bidang CSR pada tahun 2023 yang diraih oleh PLN UID Kalselteng.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin menyampaikan kebanggaannya, karena sejumlah program TJSL PLN UID Kalselteng telah berhasil meraih penghargaan, salah satunya program Angkasa Bersinar ini.

“Juli 2023 lalu, program TJSL UID Kalselteng sudah meraih 5 penghargaan sekaligus pada gelaran Nusantara CSR _Awards_ yang diselenggarakan oleh _The La Tofi School of CSR_. Kali ini program Angkasa Bersinar Bank Sampah Sekumpul yang berhasil raih penghargaan ICA _Awards_ 2023,” ujar Joharifin.

Perolehan kategori _Gold Awards_ ini menjadi pemicu semangat kami untuk terus hadir di tengah-tengah masyarakat melalui program TJSL. Tidak hanya untuk memberikan layanan kelistrikan yang andal, namun juga turut memberikan dukungan terhadap upaya pemberdayaan masyarakat dan pencapaian program-program pembangunan daerah, sambung Joharifin.

“Penghargaan ini merupakan bukti komitmen PLN untuk mendukung program Pemerintah dalam implementasi _Sustainable Development Goal’s_ (SDGs) dengan program CSR atau TJSL,” tutur Joharifin.

Joharifin menjelaskan, Angkasa Bersinar yang mengusung pengelolaan sampah secara profesional ini berawal dari kepedulian PLN terhadap Bank Sampah Sekumpul dengan memberikan bantuan sarana, prasana dan perlengkapannya. Kemudian dilanjutkan dengan penguatan sisi Sumber Daya Manusia (SDM) hingga bisa mandiri dan mampu menjadi pendamping pengelola sampah lain di sekitarnya.

“Diawali sebuah kepedulian terhadap pengelolaan sampah yang modern dan terpadu oleh Bank Sampah Sekumpul, kemudian kita fasilitasi dengan program TSJL, _alhamdulillah_ sekarang mampu mandiri dan menjadi Bank Sampah percontohan ini di Kalsel,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak penyelenggara, anugerah ICA diikuti beberapa perusahaan BUMN, Swasta dan lembaga pegiat CSR di Indonesia serta perseorangan. Pada tahun ini peserta ICA untuk korporat/institusi terdiri dari 32 perusahaan dan 9 peserta perorangan. Kemudian, yang lolos penilaian uji makalah dan _site visit_ hanya terdapat 4 perusahaan, salah satunya adalah PLN UID Kalselteng.

Sementara itu, Ketua Umum CFCD Ir. Thendri Supriatno, MBA selaku penyelenggara kegiatan mengatakan, penilaian ICA Awards 2023 ini menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 26000:2013.

“SNI ISO 26000:2013 ini berisikan panduan tanggung jawab sosial untuk mendukung terwujudnya SDGs Indonesia, sehingga menjadi acuan dalam praktik yang ideal dalam menjalankan program TJSL secara berkelanjutan dan harmonis dengan seluruh pemangku kepentingan,” pungkas Thendri.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *