BANJARMASIN, shalokalindonesia.com– Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar membuka acara Seleksi Calon Paskibraka Duta Pancasila Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2023.

Acara ini dilaksanakan di Hotel Roditha Banjarmasin, pada Selasa (5/9) pagi.

Melalui sambutan yang dibacakan oleh Roy, Paman Birin ini menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yang telah terpilih untuk mewakili kabupaten/kota masing-masing untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi ini.

“Selamat kepada para peserta seleksi yang terpilih. Semoga kesempatan ini menjadi salah satu bekal yang mewaenai perjalanan hidup kalian menjadi generasi muda yang dapat diandalkan bagi kemajuan bangsa dan negara tercinta ini,” ujarnya.

Tugas yang kelak akan diemban oleh para peserta terpilih, menurut Paman Birin adalah hasil kerja team, bukan individu.

Oleh karena itu dirinya berharap melalui seleksi ini, para peserta juga dapat meningkatkan persatuan, kesatuan dan persaudaraan.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang seleksi, tetapi sebagai bentuk pembinaan untuk meningkatkan persatuan, kesatuan dan persaudaraan, dengan menjunjung tinggi kekompakan dan nilai kebersamaan,” sampainya.

Paman Birin juga berharap para peserta dapat tampil sebagai pelopor perubahan positif di dalam lingkungan masyarakat.

“Kalian harus memiliki prinsip dan jati diri sehingga dapat tampil sebagai pelopor perubahan positif di dalam lingkungan masyarakat. Tetap junjung tinggi nilai-nilai agama dan moral agar kalian tumbuh menjadi anak bangsa yang bermartabat,” pesannya.

Ditemui usai acara berakhir, Roy juga mengharapkan proses seleksi ini dapat berjalan dengan lancar.

“Mudah-mudahan proses seleksi ini berjalan lancar dan nanti terpilih peserta yang terbaik,” ujarnya.

Nurul Kartini, Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalsel, dalam laporan panitia menyampaikan bahwa proses seleksi ini diikuti oleh 90 orang peserta.

Ke 90 orang peserta yang terdiri dari 45 putra dan 45 putri ini adalah peserta yang berhasil terpilih pada seleksi tingkat kabupaten/kota di Kalsel.

Peserta yang akan menjalani seleksi selama tiga hari, yakni dari hari Selasa (5/9) hingga Kamis (5/11) ini akan melalui berbagai macam tahapan seleksi.

Seleksi tersebut adalah seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, intelegensi umum, serta seleksi baris berbaris dan kesamaptaan.

Adapun lokasi pelaksanaan seleksi ini adalah, Hotel Roditha Banjarmasin dan juga Stadion Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Salah seorang peserta seleksi, Gizza Razwa Paulina Ahla yang merupakan siswi kelas X SMAN 1 Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru menyampaikan bahwa dirinya bersemangat dan berambisi untuk bisa terpilih di tingkat provinsi.

“Sebenarnya waktu seleksi di kabupaten, tidak kepikiran bisa ikut seleksi tingkat provinsi. Tapi ternyata diumumkan bahwa berhasil menjadi Calon Paskibra provinsi, akhirnya jadi berambsisi dan tambah semangat,” ujarnya.

Berasal dari ujung lain Provinsi Kalsel, Cindi Meiska Sahara, siswi kelas X dari SMAN 1 Marabahan, Kabupaten Barito Kuala juga menyatakan hal yang kurang lebih sama.

“Saya sudah latihan sejak lama sebelum seleksi, mungkin sekitar dua bulan. Sebenarnya tidak nyangka masuk sampai tingkat provinsi, tapi alhamdulillah berhasil masuk. Jadi semakin semangat,” sampainya. (shalokalindonesia.com/rls)

Editor: Erma Sari, S, pd
Ket foto: seleksi duta pancasila. (Foto: Adpim)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *