SHALOKAL.INDONESIA, BANJARMASIN- Bank Kalsel bekerjasama dengan Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi (PPAK) LPPM Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menggelar Seminar Dunia Kerja bertajuk “Kompeten di Tempat Kerja: Competency is not Intelligence dan Berkomunikasi Efektif dalam Keberagaman di Tempat Kerja”.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Lantai 7 Bank Kalsel Kantor Pusat, dengan dihadiri oleh para mahasiswa, fresh graduate dan masyarakat umum (31/12/2022).

Diawali dengan sambutan Ketua Panitia Pelaksana, M. Arsyad, M.Psi., Psikolog, acara dilanjutkan dengan paparan M. Syarif Hidayatullah, M.Psi., Psikolog, selaku Asesor dan Koordinator PPAK ULM, bertajuk “Kompeten di Tempat Kerja : Competency Is Not Intelligence”, kemudian dilanjutkan oleh Septian Reiswandy, S.Psi, M.Si, selaku Assisten Manager Corporate & Marketing Communication Bank Kalsel dengan materi “Komunikasi Efektif dalam Keberagaman di Tempat Kerja”.

Dalam paparannya, M. Syarif Hidayatullah menyampaikan bahwa pentingnya kompetensi untuk dimiliki dan terus diasah agar dapat menjadi bekal bagi para peserta dalam menghadapi/memasuki dunia kerja.

“Kompetensi dapat terus meningkat tergantung dari bagaimana kita mengasahnya. Kompetensi dapat dipelajari dan dikembangkan sebagaimana target yang ingin kita raih atau capai. Oleh sebab itu, teruslah kembangkan hard skill maupun soft skill yang dimiliki, agar nantinya dapat menjadi bekal bagi kita dalam bersaing di dunia kerja” tuturnya.

Pada paparannya, Septian Reiswandy menyampaikan bagaimana gambaran yang akan dihadapi peserta di dunia kerja sekaligus memaparkan pentingnya penguasaan wawasan terhadap komunikasi yang efektif dalam rangka persiapan memasuki dunia kerja.

“Ilmu tentang Komunikasi Efektif menjadi penting untuk dimiliki para peserta, mengingat seluruh lini pekerjaan memerlukan kemampuan komunikasi yang baik agar mampu beradaptasi dan bersaing dalam dunia kerja. Para peserta diharapkan mampu mengerti dan
memahami bagaimana konsep penyampaian komunikasi efektif sekaligus mempelajari bentuk-bentuk komunikasi lainnya yang mendukung dalam optimalisasi kerja” urainya.

Selepas paparan kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan diskusi antara peserta
dengan narasumber.

Acara kian semarak dengan dihadirkannya hadiah doorprize maupun hadiah kuis, baik dari PPAK maupun Bank Kalsel.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan
simbolis kenang-kenangan dari PPAK ULM kepada Bank Kalsel serta foto bersama dengan peserta kegiatan. (SI)

Editor: Erma Sari, S. Pd
Ket foto: Seminar kerja Bank Kalsel. (Foto: Bank Kalsel)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *