BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengklaim air batang pisang ampuh untuk menghancurkan batu ginjal, asam urat, kolesterol, dan menurunkan tensi darah. Dengan cara batang pisang dicoek untuk tempat airnya, setelah itu biarkan nanti keluar airnya dan ambil diminum.

Dilansir dari kompas.com, cairan batang pisang memang memiliki beragam khasiat. Faktanya, cairan batang pisang mengandung serat yang dapat melancarkan buang air besar dan memiliki kadar gula yang rendah.

Selain itu, cairan batang pisang mengandung zat antioksidan seperti polifenol, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol.

Akan tetapi, menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania, bukan berarti cairan batang pisang menjadi obat terhadap batu ginjal atau terhadap asam urat atau kolesterol atau terhadap darah tinggi.

Bukan sebagai obat, tetapi sebagai pangan fungsional atau pangan yang baik untuk kesehatan yang bisa membantu pengobatan dan pencegahan penyakit. (Kominfo)

Link counter:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/04/112000382/-klarifikasi-penjelasan-soal-cairan-batang-pisang-berkhasiat-hancurkan
https://turnbackhoax.id/2024/05/06/salah-cairan-batang-pisang-berkhasiat-hancurkan-batu-ginjal/

Iklan

Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *