BANJARMASIN, shalokalindonesia.com-Kemajuan teknologi tidak bisa dibendung, karena arus globalisasi yang semakin kuat dan keperluan masyarakat dalam segenap lapisan untuk aktifitas sehari-hari.

Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Banjarmasin Banjarbaru Sutjipto menegaskan, saat dirinya berkunjung ke Jepang dan Hongkong, kemajuan teknologi tersebut yang mengandalkan tenaga robot, pengganti tenaga manusia, semua berjalan dengan cepat, tepat dan lancar.

Owner Pt Banjar Indah ini menengaskan, kemajuan teknologi IT tersebut, sebenarnya tidak perlu ditakutkan dan tidak perlu merasa dirugikan, karena kemajuan teknologi memang banyak memberikan efesiensi dan efektivitas serta berbagai kemudahan lainnya.

“Di industri itu sudah masuk juga. Bukan virtual, tapi robot. Saya pikir tidak ada bedanya. Ini bicara teknologi. Tenaga kerja sudah berkurang, karena untuk packing dan lain-lain pengemasan, itu sudah diambil alih oleh robot,” ujar Sutjipto.

Demikian juga di beberapa Negara maju lainnya yang dirasakan oleh Sutjipto.

“Waktu saya kunjungan ke salah satu perusahaan kosmetik di Jepang, saya lihat tenaga robot sebagai pengganti tenaga manusia. Bahkan salah satu restoran di Jepang, untuk mengangkat piring, sudah menggunakan robot. Pada saat transit di Bandara Hongkong, robot juga. Jadi nampaknya banyak tenaga kerja yang terganggu dengan kondisi ini,” ujar Sutjipto.

Dengan melek teknologi, maka kata Sutjipto, semua dapat melakukan aktivitas dengan baik dan lancar.

Ditegaskannya, tidak ada pilihan lain untuk kita, harus melek teknologi setiap saat.*****juns

Editor: Erma Sari, S. Ps

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *