SHALOKAL.INDONESIA, BANJARMASIN- Informasi penambahan kouta haji Indonesia tahun 2023 sudah diumumkan oleh Kementerian Agama RI melalui Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah untuk melobi tambahan kuota bagi Indonesia,

Pertemuan itu menghasilkan Kouta Haji Indonesia tahun 2023 berjumlah sebanyak 221 Ribu dan tidak ada pembatasan usia.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Dr. H. Muhammad Tambrin menyampaikan, pihaknya mengajak warga Kalsel untuk bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah Indonesia.

“Berkat lobi pemerintah RI dan kebaikan hati Raja Salman dan Bapak Menteri Haji, Indonesia bertambah kouta Haji 2023,” ujarnya, saat dikonfirmasi Jurnalis Shalokal Indonesia, Senin (9/1/2023).

Kata dia, Kuota haji Indonesia tahun 2023 sebesar 221.000 jemaah, yang terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus dan jumlah petugas tahun ini 4.200 kuota.

“Kesepakatan itu juga disepakati terkait tidak ada pembatasan usia, sebelumnya saat pandemi tahun 2022, Pemerintah Arah membatasi umur jemaah haji dibawah 65 tahun, nah untuk tahun ini usia 65 tahun keatas bisa berangkat,” jelasnya

Ia bilang, pihaknya mempersiapkan untuk pemberangkatan jemaah haji tahun 2023 nanti dari kesiapan dokumen, asrama haji hingga petugas haji.

“Kamu juga sudah berkoordinask dengan
stakeholder terkait dengan UPT Asrama Haji, PT. Gapura Angkasa Cabang Banjarmasin, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, PT. Angkasa Pura I (Persero), dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Banjarmasin,” terangnya.

Ditanya berap kouta untuk Kalimantan Selatan, pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari Mentri Agama.

Ia menyebutkan, untuk kouta normal bisanya berjumlah 3818 orang sedangkan untuk tahun 2013, kita masih menunggu keputusan pusat

“Yang pasti kita sudah mulai melakukan persiapan untuk operasional haji tahun 2023 ini, ” pungkasnya. (SI)

Editor: Erma Sari, S.Pd
Ket foto: Ilustrasi Jamaah haji Indonesia. (Foto: Madaninews. Id)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *