BANJARMASIN, shalokalindonesinggal hitungan jam, Haul ke 19 KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani atau lebih dikenal Abah Guru Sekumpul digelar tepatnya 14 Januari ini. Banyaknya jemaah yang hadir membuat seluruh pihak sibuk menyiapkan segala sesuatunya.

Tanpa terkecuali pihak kepolisian dalam hal ini Polda Kalsel dan Jajaran. Selain memberikan rasa aman dan nyaman, Polda Kalsel juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang akan datang ke Haul Guru Sekumpul ke-19 menjaga Kamtibmas, mencegah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan seperti pelanggaran maupun tindak pidana.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H., bahwasanya Polda Kalsel dan instansi terkait telah siap mengamankan kegiatan Haul Guru Sekumpul serta agar masyarakat berperan dalam menjaga kamtibmas.

Diharapkan kepada masyarakat dan Jemaah yang akan hadir memahami, mengerti dan mengindahkan himbauan kamtibmas yang disampaikan guna kepentingan bersama. Kepada masyarakat Jemaah Haul Guru Sekumpul, Kabid Humas mengingatkan agar memperhatikan dan menjaga barang bawaan dengan tidak menggunakan barang mencolok atau berlebihan yang dapat memancing tindak kejahatan.

Bagi masyarakat yang akan datang ke Haul Guru Sekumpul khususnya yang datang dari luar daerah, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi menyampaikan agar berhati-hati dijalan dengan mengutamakan keselamatan.

“Datang dengan selamat, pulang juga harus dengan selamat dan sehat,” ucapnya, Sabtu (13/1/2024).

Untuk pengguna kendaraan roda 2 mapun roda 4 sebaiknya mengecek terlebih dahulu kelengkapan dan kondisi kelayakan kendaraan sebelum keberangkatan. Seperti mengecek mesin kendaraan/mobil, air radiator, menyiapkan BBM cadangan, tekanan ban dan serep. Demikian dengan lampu kendaraan, kelengkapan pendukung kendaraan seperti dongkrak (mobil), kunci tol kit, segitiga pengamanan, apar, dan lampu senter. Pun tak lupa jamaah diharapkan membawa perlengkapan P3K.

Kemudian kepada masyarakat yang meninggalkan rumah untuk menghadiri Haul Guru Sekumpul agar memperhatikan sesuatu yang bias memicu terjadinya kebakaran, diantaraya memastikan aliran listrik agar tetap aman, mengecek api didapur dan meletakkan benda-benda yang mudah terbakar ditempat khusus.

Selain kebakaran, keamanan rumah juga perlu diperhatikan oleh masyarakat Jemaah Haul Guru Sekumpul yang akan meninggalkan rumah agar kiranya memperhatikan salah satunya mengunci rumah dengan benar.

“Tidak hanya himbauan saja, kita akan melaksanakan patrol sebagai upaya memberikan rasa aman ketika Jemaah menghadiri Haul,” kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi. (shalokalindonesia.com/rls)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *