BANJAR, shalokalindonesia.com- Persiapan memperingati Haul Syekh Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan ke-218 yang jatuh pada 15 April 2024 atau 6 Syawal 1445 H mendatang di Masjid Tuhfaturroghibin Dalam Pagar, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan terus dilakukan.

Polres Banjar akan mengerahkan dua pertiga kekuatan personelnya untuk melaksanakan pengamanan haul Datu Kalampayan ke 218. Bahkan panitia sudah merancang untuk dapur umum haul, sebanyak 19 titik.

“Sebanyak 19 dapur umum tersebar di wilayah Martapura Timur. Dari sebanyak 19 dapur umum itu kebutuhan beras lebih 700 blek mencukupi untuk 100 ribu jemaah. Air mineral, bumbu, hingga peralatan konsumsi. Itu kami siapkan, ” jelas Ketua pelaksana Haul Datu Kelampayan ke-218, H Ahmadi Hamid.

Ahmadi, melanjutkan setelah pertemuan dengan pihak Pemerintah Provinsi, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor turut memberikan sumbangan sebanyak 100 ekor sapi untuk konsumsi.

“Dengan bantuan dari gubernur, dapur umum  bertambah dari yang mulanya 19 dapur menjadi 40 dapur umum. Sapi yang diberi Gubernur nanti akan dibagi,” sebutnya.

Adapun, dalam perencanaannya Haul Datu Kelampayan ke-218 puncaknya akan berlangsung pada hari Senin, 15 April 2024 pukul 09.00 Wita.

Pemerintah provinsi juga akan mengundang Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Wakil ketua PBNU Pusat KH Zulfa Mustofa dalam haul akbar penulis kitab Sabilal Muhtadin tersebut.

“Puncak haul itu jam 09.00 Wita, sebelum jam 12.00 Wita biasanya sudah selesai, berbeda dengan haul Abah Guru Sekumpul. Jadi jemaah saat Subuh sudah banyak yang datang. Kemungkinan sebelum 6 Syawal sudah banyak yang datang,” urai Ahmadi.

Adapun soal penginapan untuk jemaah luar daerah, Ahmadi mengungkapkan panitia belum ada menyiapkan.

“Tapi dari warga sekitar di Dalam Pagar secara sukarela akan menampung jemaah yang menghadiri haul tersebut, ” runutnya.

Pihaknya juga menyiapkan kantung-kantung parkir dan tempat sampah untuk antisipasi kebersihan,.

“Harapannya ketika haul juga tercipta kebersihan. Jemaah diminta tidak buang sampah sembarangan,” katanya.

Disinggung soal adanya kabar kehadiran orang nomor 2 di Indonesia ke Dalam Pagar Kabupaten Banjar pada perhelatan haul Datu Kelampayan, Ahmadi mengaku gembira dan bersyukur.

“Kalau memang beliau hadir tentunya sangat gembira. Dan persiapan itu nanti dari pemerintah daerah yang mengaturnya, semoga acara yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Adapun, koordinator Lapangan, Zainal Ilmi menambahkan sudah terdaftar 80 tim relawan yang akan membantu pelaksanaan haul Datu Kelampayan ke-218.

“Satu Tim relawan sekitar 30 orang, mungkin akan bertambah dan makin banyak. Saat ini ada dari EBR, SRH, dan MH sudah terdaftar,” urainya.

Para relawan ini nantinya akan membantu dalam menata kantong parkir, jalur, dan pengawalan guru alim ulama.

Adapun pembagian jemaah, dipisah, Baik jemaah laki-laki atau perempuan.

“Untuk jemaah perempuan yang akan datang akan diarahkan ke Ponpes Salafiyah Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary,” ujar Zainal.

Soal kantong parkir, akan di sediakan di sekitar desa Kampung Melayu dan desa Telok Selong.

Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat, melalui Kasihumas AKP H. Suwarji mengimbau kepada para jemaah yang akan menghadiri Haul Datu Kelampayan, “agar para jemaah mematuhi rambu-rambu petunjuk dan arahan petugas dilapangan, sehingga arus lalu lintas dapat berjalan lancar. Begitupun saat parkir agar kendaraan diparkir yang rapi sekira tidak mengganggu pengguna jalan yang lain,” pungkasnya. (shalokalindonesia.com/rls)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *