BANJARBARU, shalokalindonesia.com- Perbaikan kebocoran pipa transmisi air baku di area Sungai Landas, Desa Mandikapau, Kabupaten Banjar sejak Senin (8/4/2024) lalu, terus dilakukan oleh Balai PAM (BPAM) Banjarbakula, dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

Rabu (17/04/2024) pagi ini, semua pihak dikumpulkan untuk lebih menseriusi penanganan kebocoran pipa transmisi diameter 1200 mm tersebut, terutama Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III sebagai pemilik aset jalur pipa transmisi air baku, Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan selaku regulator air baku permukaan pada jaringan Irigasi Riam Kanan dan juga PTAM Intan Banjar selaku operator air bersih di Banjarbaru, Martapura dan sekitarnya.
Tim teknis dari gabungan BWS Kalimantan III dan BPAM Banjarbakula telah menurunkan alat berat di Sungai Landas.

Saat ini tengah dilakukan pengerukan sambil menunggu aksesoris perbaikan pipa yang dipesan datang. Rencananya Kamis (18/04/2024) besok, aksesoris sambungan buatan untuk pipa GRP 1200 mm datang ke lokasi. Perbaikan ditarget selesai pada Sabtu (20/04/2024) dan langsung dilakukan ujicoba.

Kasi Produksi BPAM Banjarbakula Robby membenarkan hal tersebut. Saat ini tim teknis tengah maksimal mengupayakan perbaikan kebocoran pipa 1200 mm di Sungai Landas.

Saat ditanya kapan selesainya perbaikan? Robby mengungkapkan berdasarkan hasil rapat internal, diperkiraan perbaikan selesai dalam lima hari.

“Kamis besok alat sudah dipasang, Sabtu kita mulai ujicoba, mudah-mudahan berjalan lancar,” pungkasnya.

Sementara itu, usai pertemuan dengan BPAM Banjarbakula, Dirut PTAM Intan Banjar Syaiful Anwar mengungkapkan, distribusi air bersih akan kembali normal dalam 7 hari ke depan.

Mengingat ada proses pengembalian tekanan air di dalam pipa, terutama kawasan-kawasan yang berada di ujung jaringan.

Pengumuman ini ia sampaikan usai mendapatkan informasi penanganan serius terkait kebocoran pipa dari BPAM Banjarbakula.

“Saya, atas nama Direktur PTAM Intan Banjar, memohon maaf yang sebesar-besarnya atas terganggunya layanan distribusi air dan ketidaknyamanan ini,” ungkap Syaiful.

Dia menjelaskan bahwa masalah terjadi akibat kerusakan pipa 1200 mm BPAM Banjarbakula di Sungai Landas sebelum lebaran. Saat ini, aksesori untuk perbaikan pipa tersebut sedang dipesan.

Syaiful menyatakan bahwa pihaknya berharap aksesori yang dipesan akan tiba besok, sehingga perbaikan dapat dilakukan sesegera mungkin.

Informasi yang diterima, aksesori tersebut harus dipesan dan diproduksi secara khusus dikarenakan dari pabrikan resmi penyedia pipa GRP ini sudah diskontinyu.

Kemudian untuk alternatif, tim teknis rekanan BWS Kalimantan III dan BPAM Banjarbakula telah melakukan pemesanan pembuatan aksesoris alternatif pada tiga vendor pabrikasi berbeda.

“Informasi yang kami terima, tim menghadapi keterlambatan dalam hal waktu produksi dari vendor vendor tersebut yang terkendala libur lebaran,” jelasnya.

Kendati demikian, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi dampak kebocoran pipa di Sungai Landas.

PTAM Intan Banjar berupaya menjalankan operasional air bersih dengan suplai air baku yang ada dan tersedia untuk didistribusikan kepada seluruh pelanggan yaitu dengan total 260 liter per detik. Tentunya kapastitas ini belum mampu memenuhi kondisi normal pelayanan yaitu di 490 liter per detik.

“Pada hari ini Rabu 17 April 2024 kami akan mencoba menambah lagi suplai air kepada pelanggan bekerja sama dengan BPAM Banjarbakula sebanyak 100 liter per detik melalui air baku aliran irigasi. Sehingga total kapasitas produksi kita saat ini sekitar 360 liter per detik,” pungkasnya.

Seluruh jajaran direksi dan manajemen ungkap Syaiful, memohon maaf atas kejadian ini dan memastikan dalam 7 hari ke depan semua permasalahan bisa teratasi dan distribusi bisa kembali lancar serta normal sedia kala.
“Atas nama perusahaan, saya sekali lagi memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Kami sadar bahwa air merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat,” ungkapnya. (WF)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *