BANJAR, shalokalindonesia.com- Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) menggelar Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) 2023 di Terminal Tipe A Gambut Barakat, Sabtu (9/9/2023).

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) kelas II Provinsi Kalsel, Zulmardi menyampaikan, kita menggelar berbagai kegiatan dari senam, jalan santai berhadiah, pengecekan kesehatan gratis dan lain-lain.

“PKJ ini untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga Kalsel, pentingnya keselamatan dan kenyamanan pengendara dalam berlalu lintas, ” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan PKJ bertujuan juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan hingga terwujud budaya tertib dan taat dalam berlalu lintas di jalan.

Ia menjelaskan, BPTD Kelas II Kalsel ini menggelar kegiatan PKJ karena sekaligus menyambut hari perhubungan nasional.

“Rangkaian PKJ kita juga menyelipkan edukasi praktek langsung yang disampaikan oleh kepolisian terkait pentingnya keselamatan dalam berkendaraan saat di jalan raya, ” cetusnya.

Ia menambahkan, tingkat kecelakaan terjadi banyak diusia produktif seperti para pelajar yang sudah bisa mengendarai kendaraan sendiri, tanpa dibekali ilmu berlalu lintas.

“Tidak hanya tingkat kecelakaannya saja, tetapi dampaknya seperti luka ringan hingga meninggal dunia, ” terangnya.

Ia menerangkan, keselamatan saat berkendara untuk berhati-hati dalam melakukan perjalanan merupakan hal terpenting, namun sebagian besar dari kita seringkali mengabaikan upaya apa saja yang menjadi faktorkeselamatan dan keamanan kita.

“Penyebab tingginya gangguan dan kecelakaan di jalan raya juga disebabkan oleh tingkat kepatuhan terhadap peraturan, dan rambu-rambu yang rendah, ” ungkapny.

Kata Zul, saat berkendara di jalan raya sebaiknya kita memperhatikan dan menjalankan berbagai faktor yang menunjang keselamatan dan kenyamanan anda saat melaju di jalan raya.

“Untuk itu diperlukannya sosialisasi dan kontribusi dari semua pihak yang terkait agar kita mengerti dan memahami kiat apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan saat berkendara untuk melakukan perjalanan, ” bebernya.

Disinggung kendaraan listrik, ia menambahkan, kendaraan listrik ini membantu mengurangi polusi udara.

“Kita lebih memilih mengkoordinir penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya dan beralih ke pengangkutan umum, ” ucapnya.

Ia menyebutkan, dirinya juga mendukung program pemerintah untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

“Semoga kegiatan PKJ ini bisa bermanfaat dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, ” tambahnya. (shalokalindonesia.com/na)

Editor: Erma Sari, S. Pd
Ket foto: Pekan Keselamatan Jalan 2023. (Foto: na)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *