KOTIM, shalokalindonesia.com – Bupati Kotim H.Halikinnor mengunjungi Pulau Hanibung yang terletak di Kecamatan Kota Besi, Kotawaringin Timur, Selasa (16/01/2024).

Kunjungan ini ia lakukan untuk melihat langsung lokasi pulau tersebut yang rencananya akan dijadikan destinasi wisata satwa yang dilindungi oleh Pemkab Kotim.

“Pulau Hanibung ini posisinya sangat strategis dan representatif untuk dijadikan sebagai destinasi wisata, khususnya wisata satwa liar, seperti buaya, orangutan, monyet, bekantan dan berbagai jenis burung,” kata Halikin.

“Pulau ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata karena luasnva mencapai 260 hektar dan dikelilingi oleh sungai,” ungkapnya.

Halikin berharap kedepannya destinasi wisata alam liar ini tidak hanya dilirik oleh wisatawan lokal dan dalam negeri namun juga oleh wisatawan mancanegara.

Sementara itu, Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, yang turut dalam peninjauan ini menyambut baik upaya Pemkab Kotim yang akan menjadikan Pulau Hanibung sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kotawaringin Timur.

“Setelah tadi dilakukan peninjauan ke lokasi bersama pihak pemkab, menurut kami pulau tersebut layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata, BKSDA Kalteng SKW II khususnya Pos Sampit, sangat mendukung upaya dari Pemkab Kotim terkait rencana Taman Satwa di Pulau Hanibung ini,” kata Muriansyah.

Menurutnya, hal ini adalah salah satu upaya konservasi dan menjaga kelestarian satwa liar yang ada di Kotim.

“Dengan adanya Taman Satwa tersebut kami berharap kedepannya, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur bisa lebih peduli lagi terhadap kelestarian satwa liar,” pungkasnya.

(Tommy Barito)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *