BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan kegiatan olahraga tradisional lomba balap “jukung” dan “balogo” untuk memeriahkan awal 2024.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Budiono menyampaikan olahraga tradisional tersebut memperebutkan Piala Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Menurut dia, kemeriahan gelar olahraga tradisional dimulai dengan lomba balap jukung di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin pada 7 Januari 2024.

Gelar ini bertema “Lomba Balap Jukung Tradisional Paman Birin 2024” di Sungai Martapura kawasan Kelurahan Mantuil Banjarmasin Selatan.

“Ini digelar untuk umum, Dispora sebagai pendukung suksesnya kegiatan ini,” ujarnya.

Tentunya, kata Budiono, jukung merupakan alat transportasi sungai warga Banjar, selain untuk kemeriahan tontonan masyarakat dan untuk melestarikan budaya warga Banjar yang tinggal di bantaran sungai.

Kemudian untuk gelar olahraga tradisional Balogo, kata Budiono, diselenggarakan di Kabupaten Barito Kuala atau tepatnya Kecamatan Tamban pada 12-13 Januari 2024.

Menurut dia, tema gelar ini adalah “Festival Olahraga Tradisional Balogo Paman Birin Cup 2024” di dukung Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalimantan Selatan.

Olahraga Balogo merupakan olahraga tradisional rakyat Kalimantan Selatan, di mana olahraga ini sudah mulai memasyarakatkan dan dilombakan di tingkat nasional seperti di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS).

“Jadi ini sebagai pembinaan juga untuk atlet olahraga tradisional di daerah kita,” tutupnya. (shalokalindonesia.com/rls)

Editor: Erma Sari, S. Pd

 

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *