BANJARBARU, shalokalindonesia.com- Srikandi PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah bersama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN memberikan bantuan paket gizi untuk mencegah stunting pada anak. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka Hari Listrik Nasional ini dilaksanakan di dua tempat berbeda yakni di Kelurahan Kemuning dan Kecamatan Cempaka Banjarbaru pada 18 Oktober 2023 dengan membagikan sebanyak 100 paket gizi, dimana total yang telah dibagikan sejumlah 1.700 paket di seluruh Indonesia.

Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan tinggi badan di bawah standar atau tinggi badan menurut usia kurang dari -2 standar deviasi (SD) kurva pertumbuhan WHO.

General Manager PLN UID Kalselteng, Muhammad Joharifin mengatakan Program Cekal Stunting yang dilakukan Srikandi PLN, bekerja sama dengan YBM PLN ini sejalan dengan misi Perusahaan untuk berkontribusi positif terhadap lingkungan.

“Permasalahan gizi seperti stunting termasuk ke dalam _Sustainable Development Goals_ (SDGs) nomor 2 (dua) yaitu menghapuskan segala bentuk malnutrisi, sehingga kami sangat mendukung penuh kegiatan pemberian paket gizi ini,” ujar Joharifin.

Joharifin menambahkan, kegiatan ini dilatar belakangi atas kekhawatiran terhadap tumbuh kembang anak yang merupakan generasi penerus bangsa Indonesia, Srikandi PLN bersama YBM hadir untuk memberikan bantuan guna mencegah stunting pada anak terutama di 1.000 HPK (hari pertama kehidupan).

“Kami berharap dengan adanya bantuan paket gizi ini, kejadian kasus stunting bisa berkurang sehingga generasi penerus kita bisa tumbuh dengan gizi yang baik,” ujar Joharifin.

Ketua Srikandi PLN UID Kalselteng, Astri Rahma Wijayanti pada saat penyerahan bantuan mengatakan bahwa pemberian bantuan Paket Gizi Cekal Stunting di Kelurahan Kemuning dan Kecamatan Cempaka ini sejalan dengan program Srikandi PLN di bidang kesejahteraan dan kesehatan.

“Srikandi PLN bertujuan untuk pemberdayaan perempuan dan salah satu programnya di bidang kesejahteraan dan kesehatan, yaitu meningkatkan kesehatan diri, keluarga dan lingkungan Indonesia. Harapannya dengan pemberian bantuan Paket Gizi Cekal Stunting dapat mencegah stunting kepada ibu hamil dan balita bisa membantu memperbaiki gizi Masyarakat, terutama anak-anak yang kelak menjadi penerus kita semua,” ujarnya.

Paket gizi yang diberikan yakni berupa sumber karbohidrat seperti beras, kentang, protein telur, olahan sosis, nugget, susu UHT serta buah-buahan segar.

“Pada kesempatan kali ini, kami memberikan bantuan sebanyak 48 paket di Kelurahan Kemuning dan 52 Paket di Kecamatan Cempaka,” lanjut Astri.

Lurah Kemuning, Sugiraharto yang hadir pada saat penyerahan paket gizi mengucapkan terima kasih atas Kepedulian PLN melalui Srikandi dan YBM dengan memberikan bantuan dan perhatian untuk mencegah stunting pada anak.

“Terima kasih kami ucapkan mewakili masyarakat Kelurahan Kemuning atas kepedulian PLN untuk meringankan beban masyarakat dan membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, serta balita penderita stunting,” ujar Sugiraharto.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Cempaka Ana Dewi Puspita mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan paket gizi ini, dan Ia berharap bantuan seperti ini akan terus berlanjut sehingga kejadian kasus stunting ini bisa dihapuskan.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *