BANJARBARU, shalokalindonesia.com- Kelurahan Cempaka buka Posko Kampung Bebas Narkoba dalam rangka tanggulangi penggunaan dan peredaran gelap narkoba yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Banjarbaru Wartono di Kelurahan Cempaka pada Senin (04/09/23)

Kampung Bebas Narkoba ini merupakan hasil kerjasama Kapolres Banjarbaru bersama dengan Pemerintah Kota Banjarbaru, lebih khusus di wilayah Kelurahan Cempaka.

Hal ini merupakan terobosan kreatif instruksi dari Kapolri untuk menciptakan Kampung-Kampung Bebas Narkoba di Indonesia.

Sebagai langkah preventif yang melibatkan langsung masyarakat dan seluruh elemen terkait dalam memerangi penggunaan serta peredaran gelap Narkoba, khususnya di Kelurahan Cempaka.

Pemilihan kelurahan Cempaka menjadi Kampung Bebas Narkoba berdasarkan data kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah ini serta keresahan masyarakat.

Sehingga dengan dipilihnya kelurahan Cempaka diharapkan dapat mengurangi kasus-kasus tersebut, dan menjadi percontohan bagi kelurahan lain di kota Banjarbaru dalam menanggulangi bahaya Narkoba.

Wakil Walikota Banjarbaru Wartono dalam sambutannya sampaikan sebagai Ibukota Provinsi dan juga kota pendidikan, berbekal bonus demografi tentunya bahaya Narkoba akan mengintai.

“Maka dengan adanya Kampung Bebas Narkoba dapat menjadi salah satu langkah kongkret menciptakan Kota yang sehat dan bebas dari penyalahgunaan Narkoba, ” ucapnya.

Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu bekerja keras dalam memerangi bahaya Narkoba, demi menciptakan generasi yang sehat dan cerdas.

Di kesempatan yang sama Kapolres Banjarbaru Doddy Harzah Kusuma ucapkan terimakasih kepada dedikasi seluruh perangkat Kelurahan dan masyarakat dalam berkontribusi mewujudkan Kampung Bebas Narkoba.

Doddy menyatakan bahwa Kelurahan Cempaka menjadi prioritas dalam penanganan narkoba karena begitu tingginya kasus penyalahgunaan serta peredaran gelap barang haram tersebut.
Ia berharap ini merupakan langkah awal dalam membebaskan Kelurahan Cempaka dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Kampung Bebas Narkoba ini pula merupakan perlombaan antar kelurahan/desa di seluruh Indonesia, ” katanya.

Yang merupakan kolaborasi antara Kepolisian dan Pemerintah daerah masing-masing.
Tim juri yang dipimpin oleh Ernesto Saiser kunjungi Kampung Bebas Narkoba di Cempaka untuk melakukan penilaian.

Ernesto sampaikan apresiasi dengan Komitmen seluruh elemen mulai dari Pemkot, Legislatif, Ormas, hingga masyarakat di Kelurahan Cempaka.

Ia menambahkan kejahatan narkoba adalah kejahatan luar biasa yang merusak bangsa.
Sehingga kolaborasi lintas elemen sebagai langkah preventif dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sangatlah penting.(shalokalindonesia.com/mcbanjarbaru)

Editor: Erma Sari, S. Pd
Ket foto: Kampung Cempaka. (Foto: MC Banjarbaru)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *