BANJARBARU – Pada akhir November 2023 lalu, warga Tatah Belayung Baru, Tembikar, dan sekitarnya akhirnya bisa sedikit bernafas lega. Air leding, yang biasanya hanya mengalir pada malam hari, kini hadir dengan nyaman di siang hari.

Ini berkat operasional Booster Mini Tatah Belayung, meskipun fisik bangunan masih dalam tahap penyelesaian. Pengoperasian booster ini menjadi sebuah keputusan yang mendesak, tidak bisa menunggu lebih lama, karena begitu banyak warga yang menantikan akan kehadiran booster mini Tatah Belayung ini.

Beroperasinya booster mini Belayung ini pun mendapatkan respons positif dari warga. Seperti diungkapkan Nursinah, warga Tembikar Permai mengaku, warga senang dengan bertambahnya pasokan air ke pelanggan.

“Alhamdulillah, senang warga di sini. Air jalan, mudahan selalu lancer,” ujarnya.

Nursinah dengan tulus bercerita tentang kondisi sulit warga sebelum kehadiran Booster Mini Belayung. Mereka harus menggantungkan diri pada berbagai cara untuk memperoleh air bersih, seperti meminta kepada tetangga jauh, membeli air galonan, bahkan sampai begadang menunggu air mengalir.

“Sebelum tangki air datang empat bulanan terakhir, pelanggan kesusahan mencari air bersih. Kami sering beli air galonan untuk mandi dan untuk kebutuhan sehari-hari. Alhamdulillah, sekarang sudah ada airnya mengalir,” pungkasnya.

Terpisah, Akhmad Yani S Kom, Kepala Cabang II Kertak Hanyar tak menampik dioperasikannya Booster Tatah Belayung. Diakuinya, bahwa keputusan menjalankan booster sebelum selesainya bangunan fisik 100 persen adalah langkah yang tepat.

“Kami lakukan untuk mempercepat peningkatan pelayanan di kawasan Tatah Belayung Baru, Tembikar, dan sekitarnya,” ujarnya.

Dijelaskan Yani, pengerjaan teknis dilakukan kurang lebih empat bulan. Termasuk juga pengembangan jaringan hingga terkoneksi ke Booster Mini tata Belayung. Ia bersyukur, pekerjaan berjalan lancar, kendati pembangunan dilakukan di kawasan rawa.

PTAM Intan Banjar terus berusaha meningkatkan pelayanan, terutama di kawasan perbatasan dan ujung jaringan. Meskipun belum mencapai tingkat optimal, Booster Mini Belayung dianggap sebagai solusi jangka pendek yang memberikan tambahan pasokan air bersih kepada masyarakat.

“Memang sebelumnya kawasan Tatah Belayung Baru, Tembikar, dan sekitarnya ini belum terlayani optimal. Semoga dengan hadirnya booster ini, bisa meningkatkan pelayanan kami di masyarakat,” pungkasnya.

Meski kondisi pelayanan masih belum mencapai puncaknya, kehadiran Booster Mini Tatah Belayung membawa harapan baru bagi masyarakat di Kertak Hanyar. Upaya terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih, dan langkah-langkah ini diakui sebagai langkah positif menuju peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat. (*)

(FOTO-FOTO: ROSYID/ BANJARBARUKLIK.COM)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *