BATOLA, shalokalindonesia.com-
\eklarasi damai dalam rangka mendukung suksesnya pemilu tahun 2023 bertempat di aula selidah yang dalam hal ini di hadiri oleh sekretaris daerah kab. Barito Kuala (17/10/2023).

Dalam acara tersebut juga di hadiri pula anggota forkopinda, kepala Kesbangpol kab. Barito Kuala beserta jajaran, Ketua KPU Kab. Batola, Ketua Bawaslu Kab. Batola, Para tokoh agama, pemuka suku, dan organisasi masyarakat lingkup kab. Barito Kuala.

Mewakili Pj. Bupati Barito Kuala Mujiyat, Sekda Kab. Barito Kuala Ir. H Zulkipli Yadi Noor, M.Sc. melalui deklarasi ini dapat menyatukan tekad bersama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat utamanya bagi tokoh agama, pemuka suku, dan pimpinan ormas untuk mewujudkan pemilu yang aman dan damai. Serta untuk menguatkan komitmen bersama untuk menjaga kondusifitas daerah kita dengan bekerjasama memelihara situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah kab. Barito Kuala.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ada 4 stakeholder yang memiliki peranan yang sangat besar dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiatan pemilu.

Pertama adalah pemerintah yang diwakili oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang kedua adalah partai politik selaku peserta pemilu dan yang ketiga adalah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai institusi yang mengawasi jalannya pemilu, serta yang keempat adalah masyarakat selaku konstituen atau pemilih di daerah pemilihan tersebut berlangsung.

Zulkipli menambahkan bahwa ada tiga hal utama yang juga sangat menentukan sukses tidaknya sebuah penyelenggaraan Pemilukada, yakni penyelenggaraannya, aturan-aturan hukum, dan proses penegakan hukum dalam menangani terjadinya pelanggaran dalam pemilu. (Win/kominfo)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *