BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) hampir memasuki babak akhir rekapitulasi suara, sebagian besar wilayah di Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan I (Dapil Kalsel I) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, termasuk sejumlah kecamatan di Kabupaten Banjar.

Sebagai informasi, sejak Senin pekan ini, beberapa kecamatan di Kabupaten Banjar sudah menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Dinamika rekapitulasi kian memanas dan dinamis, bahkan tahapan yang krusial dalam Pemilu ini telah diwarnai dengan berbagai masalah, mulai dari dugaan pelambatan rekapitulasi hingga indikasi kecurangan.

Lebih buruk lagi, permasalahan tersebut berimplikasi pada berubahnya hasil Pileg 2024.

Berdasarkan penghitungan internal Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat Hj. Rizki Niraz Anggraini, B.Com, MIDP, terdapat selisih yang sangat besar antara formulir C1 TPS dengan formulir D1 Rekapitulasi Kecamatan. Selisih ini sayangnya menguntungkan partai politik tertentu.

“Dua hari yang lalu, kami menemukan perbedaan jumlah suara yang sangat signifikan di 2 kecamatan, Sungai Pinang dan Astambul. Di Kecamatan Sungai Pinang misalnya, dari hasil rekap C1 TPS, Partai Amanat Nasional (PAN) hanya mencapai 55 suara. Sementara rekap D1 Kecamatan Sungai Pinang, PAN meraih 734 suara,” jelasnya.

Ia bilang, diduga ada “suara siluman” sebesar 679 suara yang menguntungkan PAN. Masih terkait peningkatan suara PAN yang tidak wajar, di Kecamatan Astambul berdasarkan rekap C1 TPS, suara partai tersebut hanya 1.208. Sedangkan, hasil rekap D1 Kecamatan mencapai 1.928 sehingga selisih suara mencapai 720 suara.

Tidak lama berselang setelah kejadian di atas, Niraz menemukan indikasi penggelembungan suara di 2 kecamatan lainnya, yaitu Kertak Hanyar dan Aluh-Aluh.

“Di 2 kecamatan tersebut, penggelembungan berkisar pada jumlah yang kurang lebih sama dan juga tertuju kepada partai yang sama,” tambahnya. (shalokalindonesia.com/rls)

Editor: Erma sari, S. Pd

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *