KOTIM, shalokalindonesia.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kotim, mengapresiasi kegiatan pelatihan manajemen ritel bagi UMKM Alfamart. Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (25/01/2024) ini diikuti oleh 50 pelaku UMKM setempat.

“Pelatihan ini adalah sebagai bentuk dukungan dan kepedulian ritel modern Alfamart untuk mendampingi pelaku usaha dan memasarkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kotim,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kotawaringin Timur Zulhaidir.

“Kami sangat berterima kasih kepada Alfamart yang sudah mau membuka diri dan bekerja sama dengan Pemkab Kotim untuk membina UMKM supaya produknya bisa dipasarkan di outlet Alfamart,” ujarnya.

“Kini tinggal kesiapan pelaku UMKM tersebut untuk menyambut peluang besar ini karena saat ini kualitas produk UMKM Kotim terus mengalami peningkatan, mulai dari kualitas barang, hingga kemasan yang lebih higienis,” ucapnya.

“Pembinaan dan pendampingan perlu dilakukan agar para pelaku UMKM ini bisa memasarkan produk-produknya secara lebih luas lagi,” pungkas Zulhaidir.

Sementara itu, Deputy Branch Manager Alfamart Kalselteng, Ardea Frandiko, menyampaikan kegiatan ini digelar untuk membantu para pelaku UMKM yang berada di Kotawaringin Timur.

Saat ini, pihaknya mengupayakan agar setidaknya pemasaran produk UMKM bisa dilakukan melalui 40 toko milik Alfamart yang tersebar di Kotim.

“Pelaku UMKM melalui kerjasama ini bisa memasarkan produknya dengan mudah dan gratis, namun sebagai upaya untuk menjaga kualitas produk kami mengusulkan produk yang dipasarkan harus mempunyai izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikat halal,” ucapnya.
(Tommy Barito)

Iklan

Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *