JAKARTA, shalokalindonesia.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Kuala mengunjungi Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta untuk study komparatif Desain Olahraga Daerah (DOD), Rabu (28/2/2014).

Ketua DPRD Batola, Saleh menyampaikan, desain Olahraga Daerah yang selanjutnya disingkat DOD adalah dokumen rencana induk kebijakan keolahragaan daerah yang disusun berdasarkan DBON.

“Desain Besar Olahraga Nasional yang selanjutnya disingkat DBON adalah dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga masyarakat, olahraga prestasi, dan industri olahraga, ” katanya.

Ia bilang, DOD bertujuan untuk meningkatkan budaya Olahraga di masyarakat, meningkatkan kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi dan memajukan perekonomian daerah berbasis olahraga.

” DOD berfungsi untuk memberikan pedoman bagi pemerintah daerah, organisasi olahraga, Induk organisasi cabang olahraga, dunia usaha dan industri, akademisi, media dan masyarakat dalam penyelenggaraan keolahragaan daerah sehingga pembangunan keolahragaan daerah dapat berjalan secara efektif, efisien, unggul, terukur, akuntabel, dan berkelanjutan,” jelasnya.

Ia menambahlan, DOD memuat visi dan misi, prinsip, tujuan dan sasaran serta kebijakan, strategi dan penyelenggaraan DOD dan terakhir
peta jalan DOD

“Penyelenggaraan DOD meliputi olahraga rekreasi olahraga pendidikan, olahraga prestasi, dan industri olahraga, ” ucapnyam

Ia menambahkan, dalam rangka penyelenggaraan DOD, gubernur membentuk tim koordinasi propinsi hal ini dikarenakan Dinas pemuda dan olahraga berada di bawah kewenangan gubernur, untuk kabupaten/kota disesuaikan dengan pemegang kewenangan dimasing-masing daerah.

Terkait dengan hasil diskusi serta paparan yang dilakukan oleh perwakilan dari dinas pemuda dan olah raga propinsi DKI Jakarta, Saleh yang merupakan Ketua DPRD Batola sekaligus pemimpin rombongan akan melaksanakan rapat koordinasi dengan dinas terkait melalui alat kelengkapan dewan dalam hal ini komisi yang membidangi dalam hal ini komisi II untuk pembentukan DOD di daerah. (shalokalindonesia.com/rls)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *