BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Dinas pariwisata Kalsel menggelar Festival Apresiasi Ekonomi Kreatif (FAEkreaf) 2023 di Banjarmasin, Sabtu (9/12/2023).

Kepala Pariwisata Kalsel, Syarifudin menyampaikan, kegiatan Festival Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini sebagai penunjang dan pendukung perekonomian dan meningkatkan pariwisata yang ada di Kalsel.

“Ekonomi kreatif tidak terpisah dari pariwisata, keduanya elemen yang tak bisa dipisahkan dan saling berkolaborasi, ” jelasnya.

Ia menyebutkan, itu yang bakal kita kembangkan dan pariwisata sudah mulai bangkit.

“Pariwisata yang bangkit ini membantu perekonomian dan kembali membuka lowongan pekerjaan, ” jelasnya.

Ia menjelaskan, pelaku usaha dan pariwisata juga mendorong kebangkitan ekonomi kreatif.

Sementara itu, Asisten bidang pemerintahan dan Kestra, Nurul Desira menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi kegiatan ini.

“Festival ini sangat bagus sekali untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan, ” jelasnya.

Ia bilang, ekonomi kreatif di Kalsel sangat berkontribusi dan berpengaruh di Banua, karena bisa memberikan pertumbuhan perekonomian dan daya saing yang kuat.

“Banyak ekonomi kreatif yang berpengaruh seperti animasi, pilot, design, arsiktur dan lain sebagainya, potensi ini harus kita terus kembangkan dan lestarikan, ” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Industri ekraf mulai dari subsektor kuliner, fesyen, kriya, musik dan lainnya terus tumbuh di Kalsel dan potensinya cukup besar.

“Ekonomi kreatif memiliki beberapa manfaat bagi perekonomian Indonesia, diantaranya membuka lapangan pekerjaan baru, mengurangi angka pengangguran, menciptakan masyarakat Indonesia yang kreatif dan inovatif, serta meningkatkan inovasi pelaku ekonomi kreatif,” pungkasnya. (shalokalindonesia.com/na)

Editor: Erma Sari, S. Pd

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *