KOTABARU, shalokalindonesia.com. Festival teluk Tamiang 2023 Parade ikan bakar sepanjang pantai, upacara adat mappanretasi, pasar murah dan lomba memancing, lomba lagu bugis, mandar, permainan tradisional dan dihibur oleh artis Ratna LIDA, Santi KDI, Raza KDI, dan artis lainnya bertempat di objek wisata pantai teluk tamiang, di desa teluk Tamiang kecamatan pulau tanjung selayar kabupaten Kotabaru dimulai pada hari Sabtu 2 hingga 3 Desember 2023.

Kepala Dinas pariwisata pemuda dan olahraga melalui Kabid Pertunjukan dan Event Pariwisata pada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru Rudi Nugraha mengatakan,” salah satu kegiatan utama yang menjadi daya tarik Teluk Tamiang adalah upacara adat Mappanretasi.
Mappanretasi adalah ritual memberi makan laut yang dilakukan oleh masyarakat nelayan Suku Bugis sebagai bentuk rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang melimpah.

“Upacara ini dilakukan dengan melaksanakan berbagai macam makanan atau sesajen di laut, diiringi oleh doa dan nyanyian. Upacara Mappanretasi juga dihadiri oleh para pejabat daerah dan tokoh masyarakat, desa teluk tamiang” pungkasnya. (dam)

Editor: Erma sari, S. Pd

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *