BATOLA, shalokalindonesia.com- Pemkab Barito Kuala melalui Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata laksanakan pembukaan Festival Serumpun Tahun 2023 di lapangan 5 desember pada Jum’at (20/10).

Festival yang mengusung seni budaya Barito Kuala menghadirkan purun fashion carnaval, festival kuliner Bakumpai, tari Serumpun Melayu Pesisir V dan Bazar UMKM Barito Kuala.

Festival Serumpun berlangsung dari tanggal 20 – 22 Oktober dibuka oleh Pj. Bupati Mujiyat yang diwakili oleh sekretaris daerah Zulkipli Yadi Noor. Atas nama Pemkab Batola, Zulkipli ucapkan selamat datang di Bumi Ijejela yang tepatnya berada di kota marabahan kepada seluruh peserta festival dari penjuru kalimantan selatan dan luar provinsi.

Mujiyat melalui sambutan tertulis yang disampaikan Zulkipli mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan festival serumpun menjadi salah satu media bagi para seniman khususnya seniman tari untuk menampilkan dan menunjukkan kreativitasnya melalui festival tari serumpun melayu pesisir.

“Festival dilaksanakan dengan tujuan untuk menggali, mengenalkan, mempromosikan dan mengukuhkan eksistensi kesenian lokal daerah Barito Kuala. Sehingga budaya dan kesenian daerah tetap eksis bahkan mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung,” ucapnya.

Ia berharap di Batola agar para seniman dan pelaku seni menunjukkan eksistensi dan kreatifitasnya dengan terus berkarya berkreasi dan berinovasi. Kemudian seni dan budaya menjadi jati diri masyarakat dapat terus bertahan serta kesadaran berefleksi memunculkan pemahaman bahwa kesenian bukan hanya milik seniman atau pelaku seni semata melainkan juga milik masyarakat yang menjadi kekayaan khasanah seni budaya, “terangnya.

” Penyelenggaraan acara fashion carnaval menggunakan bahan dasar purun telah mengangkat salah satu ciri khas Batola. Acara ini tidak hanya terbuka dalam hal akses ekonomi, namun juga terbuka dalam hal akses budaya. Ia berpesan agar jangan sampai budaya dan kesenian lokal daerah tenggelam dibawah dominasi budaya dan kesenian asing, ” terangnya.

Ia menambahkan, berbagai upaya yang dilakukan bersama diharapkan agar berbagai kesenian dan keterampilan dengan kearifan lokal yang ada di daerah mampu eksis dan berkembang ditengah-tengah gempuran budaya luar, terlebih saat ini memasuki era komunitas ASEAN.

Festival Serumpun yang berlangsug dihadiri juga oleh para Forkopimda, Kepala Kemenag, Pj. Ketua Tim Penggerak Pkk Kabupaten Barito Kuala, Ketua DWP, Pimpinan SKPD, Camat se-kabupaten Barito Kuala beserta istri, pimpinan Bank Kalsel dan BRI.

Setelah pembukaan dilanjutkan kegiatan lomba purun fashion carnaval yakni lomba yang baru Pertama kali dilaksanakan di Kalimantan selatan bahkan di Indonesia ini berasal dari dua kategori yaitu per kecamatan di Batola dan umum.

Akhirnya dalam lomba purun fashion carnaval telah terpilih pemenang kategori kecamatan yaitu juara favorit kecamatan belawang, juara terbaik 3 kecamatan tabunganen, juara terbaik 2 kecamatan kuripan dan juara terbaik 1 kecamatan anjir muara.

Pemenang kategori umum juara terbaik 3 diraih Bunga Septiani, juara terbaik2 Apridayanti dan juara terbaik 1 Kahfi. Selain adanya lomba purun fashion carnaval terdapat juga aksi menganyam purun bersama yang secara langsung didampingi oleh salah satu penggiat seni purun barito kuala yakni Tri Fatimah. (shalokalindonesia.com/Kominfo)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *