BANJARBARU, shalokalindonesia.com- Memperigati Hari Diabetes Sedunia, Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru berkolaborasi dengan Changing Diabetes In Children Indonesia (CDiC) melaksanakan kegiatan Skrining Retinopati dan Nefropati Diabetes Mellitus Tipe 1.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr. Danny Indrawardha di Aula Besar RSD Idaman, Sabtu (2/12/2023). Kegiatan ini juga turut dihadiri dokter spesialis anak subspesialis endokrinologi, Indra Widjaja Himawan dan dokter spesialis mata, Helen Nguda serta dari Laboratorium Prodia.

Dalam sambutannya, Danny mengatakan kegiatan ini sangat positif karena membantu skrining awal pasien diabetes melitikus guna mengetahui komplikasi di dalam tubuh. Kegiatan ini juga menjadi bentuk komitmen pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik.

“Kita berharap mereka yang hadir disini bisa mendapatkan terapi yang baik. Karena kita tau penyakit diabetes ini memiliki banyak resiko komplikasi sehingga skrining ini penting untuk dilakukan,” ucapnya.

Adapun pasien diabetes melitikus yang menghadiri kegiatan ini diikuti oleh anak usia 10 – 17 Tahun. Danny mengakui bahwa pelayanan kesehatan terhadap anak menjadi salah satu layanan yang diunggulkan di RSD Idaman Banjarbaru.

“Endokrin anak menjadi layanan unggulan kita. Dan kita beruntung di Kalsel-teng ini cuma RSD Idaman yang memiliki dokter spesialisnya yakni dokter Indra Widjaja. Insyaallah kualitas hidup anak pian lebih baik,” tuntasnya.

Pada kegiatan pemeriksaan ini, pasien datang bergantian dengan didampingi oleh pengantar dan dilakukan pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata.

Selanjutnya pasien akan menjalani tes urine yang dilakukan oleh Laboratorium Porodia. Setelah semua pemeriksaan, selanjutkan paisen akan diedukasi tentang pasien diabetes melitikus. (shalokalindonesia.com/rls)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *