ATABALONG, shalokalindonesia.com– Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri Puncak Peringatan HUT ke- 58 Kabupaten Tabalong di kota Tanjung pada Jumat (8/12).

Sebelum sampai di lokasi panggung utama, Paman Birin yang datang bersama puteranya Sandi Fitrian Noor itu didaulat memasangkan secara simbolis jaket kepada “Julak Wasi” (Jual Sayur, Ikan dan Sembako Keliling Kawal Inflasi) dilanjutkan pengibaran bendera start menandai pelepasan konvoi.

“Julak Wasi” digagas Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, dalam rangka pengendalian Inflasi dan mendukung ketersediaan dan kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Tabalong.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Paman Birin memanggil empat warga Tabalong. Tiga mendapat hadiah umrah (dua pria dan satu wanita), sedangkan satu wanita lainya uang tunai Rp20 juta.

Tidak hanya itu, tiga warga kembali dipanggil dan diseleksi satu orang untuk diberikan hadiah umrah gratis.

 

Paman Birin menyampaikan apresiasi kepada Bupati Tabalong dan jajaran serta masyarakatnya, atas kerja kerasnya menjalankan berbagai program dan inovasi seperti Program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas).
Diharapkan sinergi dan kolaborasi pemerintah kabupaten dengan semua pihak terus terjalin.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, salah satu program unggulan Paman Kalsel adalah menjadi Kalsel sebagai gerbang atau penyangga IKN. Karenanya, Pemkab Tabalong berupaya mendukung apa yang menjadi kebijakan atau program Pemprov Kalsel.

Anang juga menyampaikan bahwa peringatan HUT ke 58 ini menjadi momen terakhirnya sebagai Bupati Tabalong.

“Mudah-mudahan Kabupaten Tabalong lebih maju lagi dan kita sama-sama menjadikan Tabalong Terdepan,” ujar Anang sembari meminta maaf jika ada kesalahan yang dilakukannya selama memimpin daerah ini.

 

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Rutuyono mewakili Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, untuk menyampaikan arahannya.

Pada puncak Harjad itu, Paman Birin menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemkab Tabalong pada kategori Kota Sehat Tingkat Provinsi Kalsel, memiliki status desa mandiri terbanyak, Tim Percepatan Penanggulangan Stunting, Kabupaten palin inovatif dalam penanganan stunting, dan penghargaan untuk para siswa berprestasi mulai bidang olahraga renang dan bulutangkis, sain, hingga matematika di tingkat provinsi dan nasional.

Turut hadir menyaksikan proses peringatan HUT yang diawali dengan Tari Manjulang Harakat itu, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, anggota DPR RI, perwakilan Kepala Badan Otoritas IKN, para kepala daerah atau penjabatnya, se-Kalsel dan kabupaten jiran atau yang mewakili, ulama dan tokoh masyarakat, forkopimda di Tabalong, dan, ahli waris penuntut Kabupaten Tabalong, serta para pimpinan organisasi/BUMD/perusahaan swasta di kota berjuluk “Serambi Depan Kalsel Penyangga IKN” itu.

Acara ditutup dengan penyajian 58 jenis kue khas Tabalong kepada Paman Birin untuk dicicipi bersama Bupati Tabalong, Ketua DPRD Kalsel, dan anggota DPR RI dan DPD RI yang turut serta dalam puncak peringatan. (shalokalindonesia.com/adpim)

Foto : M. Furqan Ali

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *