BATOLA, shalokalindonesia.com– Kabupaten Barito Kuala (Batola) dengan segala potensi dan keunggulannya, menjadi bagian penting dalam kerangka pembangunan di Provinsi Kalsel. Oleh karena itu, Pemprov Kalsel senantiasa mendukung upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Batola melalui berbagai program strategis.

Upaya itu juga terus dikerjakan Pemprov Kalsel mengingat adanya komitmen untuk mengambil peran sentral dalam program nasional dengan menyiapkan Kalsel sebagai gerbang dan beranda terdepan Ibukota Negara (IKN) Nusantara.

Demikian diutarakan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin pada puncak Peringatan Hari Jadi ke-64 Kabupaten Barito Kuala tahun 2024 di Kota Marabahan pada Senin (15/1).

Mendampingi Gubernur Paman Birin, istrinya Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor dan H Sandi Fitrian Noor, putranya.

Peringatan hari jadi ini juga dihadiri ulama Banua, TGH Wildan Salman dan KH Abdul Sani, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Komandan Korem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Ariyanto, Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, Bupati/Penjabat Bupati se-Kalsel atau yang mewakili, anggota DPD RI Gusti Farid Hasan Aman, para Asisten dan Staf Ahli Gubernur serta sejumlah kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

Disampaikan Paman Birin, peringatan hari jadi ini menjadi momen yang tepat bagi seluruh warga Batola untuk melakukan refleksi, menatap masa depan, serta menata langkah bersama dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan.

“Mudah-mudahan, semangat hari jadi ke-64 ini semakin memantapkan serta memperkokoh semangat kita semua, untuk bersama-sama Bergerak membangun daerah, meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, serta mampu mengantarkan Kabupaten Barito Kuala menjadi daerah yang semakin maju,” ujarnya.

Dijelaskan Paman Birin, beberapa program yang telah dan sedang dikerjakan, meliputi pembangunan infrastruktur penunjang, mendorong kemajuan sektor industri, membangun dan mengembangkan jalur distribusi logistik, serta yang terpenting
membangun ketahanan pangan nasional.

Seiring dengan upaya itu, gubernur juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran
Pemkab Batola atas upayanya dalam menjaga ketahanan pangan melalui program-program pertanian berkelanjutan. Hal ini penting, karena sektor pertanian memang memerlukan intervensi
pemerintah, khususnya dalam mengantisipasi perubahan iklim, cuaca ekstrim, serta risiko serangan hama.

Selain itu, Pemprov Kalsel juga melihat erkembangan yang baik dari penanganan stunting, program penanggulangan kemiskinan, serta pemberdayaan umkm yang terus dikerjakan jajaran Pemkab Batola.

Paman Birin juga mengajak mengajak masyarakat setempat untuk terus mengawal dan menjaga kinerja serta hasil pembangunan.

“Mari kita wujudkan daerah yang kondusif, sehingga masyarakat dan pemerintah daerah dapat bersinergi dan bersama-sama menggali, menjaga serta memaksimalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Batola,” ungkap Paman Birin.

Pada kesempatan itu, Gubernur dua periode ini mengingatkan bahwa memasuki tahun 2024, yang juga kebetulan merupakan tahun politik berpesan kepada seluruh pemangku kepentingan dan warga Batola agar tetap menjaga daerah tetap kondusif, sehingga masyarakat dan pemerintah daerah dapat bersinergi dan bersama-sama menggali dan meningkatkan kemampuan dan potensi yang ada.

Hal ini penting ujarnya, karena dengan
situasi dan kondisi daerah yang kondusif, memungkinkan target- target pembangunan dapat tercapai dengan tepat sasaran.
Selain itu, masyarakat juga memiliki ruang yang luas dan kesempatan untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah.

Sementara itu, Penjabat Bupati Batola Mujiyat dalam sambutan menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan Gubernur Paman Birin untuk masyarakat dan pembangunan di Kabupaten Batola.

Prosesi peringatan hari jadi diisi dengan tausiah singkat oleh TGH Wildan Salman, Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Al-Quran Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Dalam tausiyahnya,Guru Wildan Salman mengajak masyarakat Batola mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT yang menjadikan daerah ini tetap aman dan kondusif.
Momentum hari jadi pun diharapkan bisa meningkatkan kesyukuran semua pihak di Batola, sehingga daerah ini menjadi aman, tentram dan sentosa.

Pada peringatan hari jadi itu juga disuguhkan hiburan dengan mendatangkan artis ibukota, Dian Pisesha yang membawakan tembang-tembang kenangan di era 80-an. (shalokalindonesia.com, sal/adpim)

Foto : M. Furqan Ali

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *