MARTAPURA, shalokalindonesia.com– Puncak pelaksanaan Haul ke-218 Jaddina Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari yang dilaksanakan di Masjid Jami Tuhfaturroghibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur dibanjiri ribuan jemaah pada, Senin (15/4/2024).

Meski pada pukul 06.00 Wita hingga pukul 09.00 Wita hujan mengguyur deras sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar jelang pelaksanaan puncak Haul ke-218 ulama yang masyhur dengan sebutan Datu Kalampayan. Namun, kondisi tersebut tak dapat menyurutkan antusias ribuan jemaah untuk tetap berhadir.

Dibuka dengan pembacaan syair Maulid Habsyi, dan ayat suci Al-Quran, ribuan jemaah yang berhadir nampak kusuk mengikuti rangkaian kegiatan haul, hingga manakib singkat Datu Kalampayan dibacakan Guru KH Wildan Salman.

Salah satu jemaah haul asal dari Kota Banjarmasin, yakni Hj Fauziah (45) mengaku terkejut dengan kedatangan jumlah jemaah yang lebih banyak di bandingkan dengan pelaksanaan haul di tahun sebelumnya.

“Tahun ini jemaah yang hadir di pelaksanaan haul lebih banyak di bandingkan dengan tahun sebelumnya. Tapi, syukur Alhamdulillah, rombongan kami masih bisa masuk ke kawasan pusat kegiatan haul,” ujarnya.

Bahkan, Kasi Humas Polres Banjar, AKP H Suwarji mengatakan, berdasarkan informasi dari Koordinator Lapangan (Koorlap) Haul, jumlah jemaah yang datang di puncak pelaksanaan Haul ke-218 Datu Kalampayan mencapai puluhan ribu.

“Perkiraan jumlah jemaah yang datang mencapai sekitar 25.000 jemaah. Tapi, itu baru berdasarkan jumlah kantong parkir yang disediakan di Desa Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat, dan Desa Akar Baru, Kecamatan Martapura Timur. Terlebih kedatangan jemaah hingga memadati ruas jalan utama,” katanya.

Pernyataan serupa juga diungkapkan Rudi Arifin yang pernah menjabat Gubernur Kalsel selama dua periode 2005-2015.

“Alhamdulillah pelaksanaan haul Datu Kalampayan berjalan dengan lancar, dan jumlah jemaah yang berhadir terus bertambah banyak,” ungkapnya.

Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat melalui Kasihumas Polres Banjar AKP H Suwarji mengatakan, “dua pertiga kekuatan personel Polres Banjar kami kerahkan untuk melaksanakan pengamanan haul ke-218 Jaddina Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang biasa disebut Datu Kalampayan.” Dalam pengamanan kegiatan ini juga di backup dari personel Polda Kalsel dan TNI, serta instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP Kabupaten Banjar, Dinas Kesehatan, BPBD, Damkar dan Relawan yang jumlahnya ratusan. Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar, aman dan kondusif. Harapan kedepan, karena kegiatan haul ini selalu dilaksanakan setiap tahun dan jemaah yang hadir dari tahun ke tahun selalu bertambah, perlunya penataan kembali akses jalan dan lokasi parkir yang memadai, pungkasnya.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *