BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Tak terasa tinggal satu bulan lagi masa pencoblosan Pemilu 2024.Masyarakat pun sudah tak sabaran untuk memilih Calon Presiden idamannya serta Calon Legislatif (Caleg) idolanya.

Sejumlah caleg pun terus menyampaikan pesan-pesan penting kepada masyarakat luas untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan sesuai hati nurani. Salah satunya disampaikan langsung caleg muda Banjarmasin, Helmi Rifai SH.

Caleg yang dikenal sebagai sosok bersahaja dan dipanggil “ Helmi Caleg Pian “ meminta masyarakat untuk menggunakan akal sehat dan cerdas dalam mensukseskan Pemilu 2024. Karena Pemilu itu mengajarkan cara berdemokrasi dengan baik, yang dimulai dari sikap baik mengajak masyarakat memilih calon-calon berkualitas dan berakhlak serta jelas program-programnya untuk kepentingan masyarakat.

“Gunakanlah hak pilih pian-pian sebaik mungkin. Pilihlah sesuai hati nurani, dan jangan sampai salah pilih.Karena itu yang mesti pian pilih adalah wakil rakyat yang benar-benar memperjuangkan kepentingan masyarakat luas dan programnya bisa dipahami serta mendorong kesejahteraan masyarakat,” kata Helmi Rifai, kepada sejumlah awak media di Banjarmasin, usai bersilaturahmi dengan para pendukungnya dan masyarakat di sebuah kawasan di Banjarmasin, Sabtu (13/01/2023).

Helmi sendiri yang didukung kalangan anak muda dan kalangan lainnya berharap masyarakat lebih cerdas dan bijak dalam menentukan siapa yang harus didukung dan dipilih nanti pada tanggal 14 Pebruari 2024. Karena itulah calon-calon yang dipilih bisa membawa aspirasi dan tetap ada di saat mereka membutuhkan sepanjang masa tugas yang diamanahkan sebagai wakil rakyat.

“Bersyukurlah sekarang muncul calon-calon terbaik wakil rakyat, karena itulah mantapkan hati memilih yang terbaik. Itu adalah wakil-wakil pian yang pian amanahkan di kursi dewan. Pun jika pilihan itu jatuh kepada kami, Insya Allah ini adalah sebuah amanah pian dan kita mesti jaga dan rawat bersama untuk kepentingan bersama,” ujar Helmi, yang merupakan Caleg DPRD Kalsel Partai Nasdem untuk Dapil Kota Banjarmasin.

Helmi yang dikenal sebagai advokat dan pengusaha muda ini, optimis bersama dukungan masyarakat luas serta pendukung setianya mampu mengungguli sejumlah pesaing utamanya.Meski ia mengakui Dapil Banjarmasin sendiri masuk katagori “Dapil Keras dan Menantang”.

Optimistis ini ditebarkan pria yang dikenal ramah dan sering terlibat kegiatan kemanusiaan dengan mengusung konsep visi dan misi “Pengawasan Menuju Pembangunan Berkelanjutan Banjarmasin Baiman (Barasih Wan Nyaman) . Helmi sendiri mantap melangkah menjadi seorang caleg yang bukan sekedar hadir maupun pelengkap saja.

“Insya Allah niat kita nomor satu adalah memberikan perhatian penuh bagi program-program yang menunjang kesejahteraan masyarakat dalam peran kita nantinya di legislatif.Meskipun begitu keterlibatan masyarakat juga dalam pembangunan harus diperjuangkan bukan sekedar slogan atau konsep-konsep saja, tetapi action di lapangan itu penting,” kata Helmi Rifai optimis.

Bagi Helmi sendiri, dirinya terjun ke dunia politik tentu memiliki konsep-konsep yang membangun. Sejumlah konsep yang dirancang dengan pemikiran jernih ini, akan dijadikan rujukan untuk mendukung pembangunan di Kalsel, khususnya pada kota Banjarmasin. Ia pun berkomitmen menggunakan kerangka kerja pengendalian sebagai platform para program kerja di leven eksekutif.

Salah satu konsep itu adalah dengan mekanisme pengawasan pembangunan dalam 4 aspek akuntabilitas. Pengawasan pada program kerja pembangunan berorientasi pada kepentingan hak masyarakat serta dari dampak pembangunan berkeadilan menjadikan masyarakat unsur penting subjek pembangunan.

“Empat Pilar pengawasan itu sesuai tataran Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dan SDG yang meliputi ekonomi, sosial, lingkungan dan tata kelola dengan hukum yang berkeadilan dalam pelaksanaan pembangunan, Kami berkomitmen untuk menjadi mitra eksekutif dan Yudikatif dalam implementasi 4 pilar SDG/TPB di Banua Kalimantan Selatan melalui dukungan “sambung Helmi.

Menurut pria yang pernah menjabat Komisaris PT Langit, menyebutkan Program pembangunan di Banua Kalimantan Selatan dengan integrasi peran Pemerintah Kota Banjarmasin menjadi salah satu yang diusungnya.

“Ini akan menuju keberlanjutan pembangunan untuk mencapai tujuan kesejahteraan rakyat banua. Konstituen Dapil Kota Banjarmasin memberikan pengawasan melalui DPRD Kalsel kepada mitra dalam meyakinkan arah pencapaian tujuan pembangunan,” paparnya.

Lebih jauh Helmi yang pernah mengisi jabatan prestise. Direktur Umum BUMD PT Tala Manuntung, membeberkan pengawasan dilakukan dengan pendekatan pengawasan demokratis yang melibatkan peran legislatif, Pemerintah Kota Banjarmasin, dan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan dasar pengendalian manajemen yang dilakukan pihak eksekutif atau Pemerintah daerah.

“Memiliki relasi tindakan atas persetujuan dan diskusi bersama atau dengan kata lain adanya konsultasi dalam proses pengambilan keputusan. Ini juga dikenal sebagai pengawasan partisipatif atau konsultatif,” bebernya lagi.

Helmi menegaskan semua yang dilakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat, yang ia akomodasikan dalam program-program nyata dan keinginan membangun Banjarmasin dan Kalsel melalui peran sentralnya sebagai legislatif.

“Karena itulah kami mohon doa dan dukungan penuh masyarakat dan pemilih, untuk memantapkan hati berjuang bersama kami.Semoga Pemilu ini memberikan keberkahan bagi kita semua untuk jalan kebaikan,” harapnya.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *