BATOLA shalokalindonesia.com- Himpunan Mahasiswa Administrasi Public (HIMA-AP) FISIP ULM 2023 menggelar pengabdian di Desa Karang Dukuh Kecamatan Belawang Kabupaten Batola, Selasa (5/9/2023).

Ketuq pelaksana, Muhammad Ramadhani menyampaikan, pihaknya mengadakan Sosialisasi pembasmian hama dan praktik inovasi pengolahan jeruk, sosialisasi Pemandian jenazah beserta praktik bagaimana tahapan pemandian tersebut dengan benar sampai dengan tata cara mengkafani.

“Kami juga melakukan senam nersama yang dihadiri oleh Ibu-Ibu PKK Desa Karang Dukuh dan gotong royong dalam rangka membersihkan lahan sekitaran kantor desa, musholla dan gedung serbaguna serta membantu merenovasi posyandu desa karang dukuh dalam bentuk “Mencat tembok” dan pembagian/peletakan Bak Sampah dari HIMA-AP FISIP ULM sebagai kenang-kenangan untuk Desa Karang Dukuh,” katanyam

Selain itu, kita engadakan Nobar (Nonton Bersama), PENSI (Pentas Seni) bersama warga karang dukuh dan kegiatan “HIMA-AP MENGAJAR” yang dilaksanakan di SDN Desa Karang Dukuh sebagai salah satu rangkaian kegiatan dari HIMA-AP MENGABDI

“Yang berhadir pada acara ini yaitu Kadis Pertanian tanaman pangan dan hortikultura Kabupaten Barito Kuala atau yang mewakili, Camat dari kecamatan belawang, Bpp (Badan Penyuluhan Pertanian) kecamatan belawang, Dosen Prodi Administrasi Publikx Warga Karang Dukuh, Kapolsek Kecamatan Belawang, IBT (Inkubator Bisnis Teknologi) ULM, Perwakilan dari RT/RW Desa Karang Dukuh

“Pemilihan desa di Batola merupakan saran yang diberikan langsung oleh dinas PMD dan Desa Karang Dukuh kecamatan Belawang merupakan desa yang sesuai dengan kriteria kami ingin kan karena potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang bagus sehingga perlu dikembangkan lagi dari segi inovasi olahan jeruk, ” katanya.

Ia bilang, di sana merupakan salah satu mata pencaharian utama masyarakat karang dukuh selain bertani serta adanya permasalahan perlu kami bantu dari masyarakat karang dukuh yaitu keberlanjutan dari masyarakat yg bisa memandikan jenazah

“Respon dari warga Desa Karang Dukuh dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh HIMA-AP FISIP ULM cukup baik dan sangat menerima kedatangan dari para mahasiswa-mahasiswi himpunan administrasi publik FISIP ULM dengan sangat hangat. Tidak hanya itu masyarakat karang dukuh pun ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yg di adakan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik FISIP ULM, ” katanya.

Kritik dan saran dari warga Desa Karang Dukuh adalah apabila mengadakan kegiatan hendaklah dilakukan pada siang ataupun sore hari, karena jika diadakan di pagi hari para warga masih berada di sawah untuk bekerja karena mayoritas pekerjaan warga desa karang dukuh adalah bertani/berkebun dan kegiatannya cuma 4 hari saja sebagian dari kami tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut.

Ia berharap masyarakat karang dukuh nanti bisa implementasikan apa yang kmi lakukan dalam pengabdiann bisa manfaat banyak kepada warga desa karang dukuh ini.

Sementatlra itu, Ketua HIMA AP, Faturrahmab menyampaikan, dari warga desa karang dukuh terdapat kritik dan saran yang membangun untuk kami semua agar menghimbau lebih aktif lagi terkait pelaksanaan kegiatan supaya banyak warga yang mengikuti berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan

“Ini adalah menjalankan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdiaan kepada masyarakat dengan mendengarkan permasalahan yang sedang dialami oleh masyarakat dan memberikan sebuah solusi tentang permasalahan tersebut. Dalam kegiatan Hima ap mengabdi ini dimana seorang mahasiswa harus langsung terjun ke lapangan menghadapi beberapa permasalahan yang ada di desa tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan, daeipengabdian yang kami laksanakan kami bersyukur melakukan pengabdian di desa karang dukuh karena semua warga desa ramah dan hangat dalam menyambut kedatangan kami.

Selain itu, juga banyak potensi yang bisa di kembangkan baik dari segi potensi perkebunan jeruk dan kebudayaan yang kental dan masih terawat di desa karang dukuh.

“Dalam pengabdian ini pun saya sebagai ketua umum bangga kepada seluruh panitia pelaksana baik itu dari pengurus maupun volunteer yang senantiasa bahu-membahu untuk mensukseskan HIMA-AP MENGABDI serta saya selalu bangga dikelilingi semua pengurus hebat dari HIMA-AP yang saya miliki yang sukses melaksanakan dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan pengabdian ini yang dilaksanakan di desa karang dukuh, ” Katanyam

Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi desa karang dukuh meskipun tak banyak yang bisa kami berikan. Desa karang dukuh juga berpotensi untuk menjadi desa maju serta desa mandiri dengan berbagai potensinya semoga desa karang dukuh bisa mencapai itu. Selain itu, harapan saya juga kehadiran kami dalam waktu yang singkat ini dapat memberikan kesan dan pesan yang baik untuk desa karang dukuh. (shalokalindonesia.com/na)

Editor: Erma sari, S. pd

 

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *