BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Istri dari purnawirawan Mabes Polri, Hj. Wiwik Damiari menghadiri konsolidasi para Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten/kota, provinsi dan DPRD RI dari Partai Amanah Nasional (PAN) Kota Banjarmasin di Hotel Rattan Inn, Sabtu (26/8/2023)

Kegiatan ini juga menggalakkan program pendidikan politik kepada semua kader.

“Tanpa pendidikan politik yang baik, persepsi anak-anak muda terhadap kontestasi politik lebih dimaknai sebatas upaya merebut dan melanggengkan kekuasaan, ” kata Hj Wiwik, Bacaleg DPRD Kota Banjarmasin dari PAN Banjarmasin.

Bacaleg dapil Banjarmasin Utara ini bilang, sekolah pendidikan politik harus mampu mengarahkan dan mengembalikan politik pada makna yang sebenarnya. Sebab tidak sedikit publik yang berasumsi politik hanyalah cara tercepat meraih kekayaan, menumpuk pundi-pundi harta.

“Pendidikan politik harus bisa menyadarkan bahwa muara dari kegiatan politik adalah kesejahteraan masyarakat, bukan kegaduhan kaum elit, keributan orang-orang atas. Tapi politik adalah soal formulasi kebijakan publik dan evaluasi atas pencapaian tujuan pembangunan,” ujar mantan Atlit.

Hal ini pula yang mengakibatkan banyak pemuda milenial potensial yang sesungguhnya mampu, enggan berpartisipasi dalam kegiatan politik.

“Saya titip pesan tumbuhkan dan ciptakan iklim kehidupan politik yang lebih baik, lebih santun dan bertanggungjawab. Bekali diri kalian dengan pemahaman soal kepemimpinan, integritas yang harus dimiliki setiap calon pemimpin, netiket, hingga kemampuan menangkal hoaks Pemilu dan cyberbullying,” jelasnya

Mantan model Ivan Gunawan ini juga menambahkan, pemilih pemula adalah mereka yang baru pertama kali akan memberikan hak suara dalam sebuah pemilihan. Mereka datang dari berbagai latar belakang dan memiliki berbagai pengetahuan tentang politik dan demokrasi.

“Mereka mempunyai potensi untuk mempengaruhi pemilihan karena mereka adalah salah satu kelompok pemilih terbesar di negara ini, ” katanya.

Namun, pemilih pemula juga seringkali diabaikan oleh para politisi yang fokus pada pemilih yang sudah terbiasa memberikan suara. Karena itu, penting bagi para politisi untuk memahami pentingnya pemilih pemula dan memberikan perhatian khusus kepada mereka.

“Pemilih pemula seringkali belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang calon-calon yang akan dipilih, sehingga mereka lebih mudah terpengaruh oleh isu-isu yang tidak relevan atau hanya berdasarkan pandangan sepihak. Oleh karena itu, peran media dalam memberikan informasi yang akurat dan objektif sangat penting untuk membantu pemilih pemula dalam membuat keputusan yang tepat, ” tambahnya. (shalokalindonesia.com/na)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *