BANJAR, shalokalindonesia.com– Bekal pendidikan menjadi kebutuhan pokok manusia yang berlangsung seumur hidup dan akan menjadi investasi seseorang di masa depan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj. Husnul Hatimah S.H., M.H saat menghadiri acara puncak peringatan HUT ke-50 SMA Negeri 1 Martapura, Senin (26/02) pagi.

Acara yang digelar selama 7 hari tersebut, dihadiri Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyi, para alumni, guru, serta siswa dan siswa SMAN 1 Martapura.

Dalam sambutannya, Paman Birin mengingatkan pentingnya persiapan Kalsel dalam menyambut Ibukota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan timur, dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, siap bersaing dan mau mengembangkan diri.

Tidak hanya itu, Paman Birin juga menilai posisi strategis sebagai gerbang IKN Nusantara nantinya, akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi di Kalimantan Selatan.

Sehingga hal tersebut, menurut Paman Birin, akan berimbas positif terhadap pembangunan infrastruktur, peningkatan laju produktivitas pangan, peningkatan daya saing SDM, serta penyerapan tenaga kerja.

“Oleh sebab itu, saya berharap agar seluruh masyarakat dari berbagai lapisan dan kalangan dari usia muda sampai tua, termasuk adik-adik pelajar mengambil peran untuk mendukung visi dan misi pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Terlebih SMAN 1 Martapura, memiliki catatan gemilang perjalanan panjang selama 50 tahun dan rentetan prestasi yang telah diraih sekolah tersebut berkat semangat pantang menyerah dari seluruh tenaga pendidik yang bahu membahu memperbaiki kualitas pendidikan di Banua.

“Pada peringatan hut ke-50 ini, tidak lupa saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada segenap dewan guru atas sumbangsihnya untuk dunia pendidikan di banua tercinta ini. Euforia kegembiraan dalam setiap momen ulang tahun semoga menjadi pemacu agar terus berbenah menjadi lebih baik guna melahirkan generasi berprestasi sebagai penyangga banua dan mewujudkan Kalsel Babussalam,” doanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Martapura Eko Sanyoto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel Paman Birin yang selama ini terus memberikan perhatian lebih pada peningkatan kualitas pendidikan di Kalsel, khususnya bagi SMAN 1 Martapura.

“Berkat beliau lah, infratruktur yang terus membaik, dan program-program yang tepat sasaran, Alhamdulillah, tak sedikit anak-anak kita merasakan manfaatnya secara tidak langsung dan mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. Maka dari itu, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalsel yang terus mendorong mutu pendidikan yang ada di Banua Kalimantan Selatan,” Ucap Eko.

Eko juga menambahkan, selama ini banyak para alumni SMAN 1 Martapura yang terus bergerak mengisi pos-pos lini kehidupan, baik itu dalam dunia politik, ekonomi, budaya maupun yang lainnya.

“Terlebih saat ini usia sekolah tercinta ini sudah memasuki setengah abad lamanya. Telah banyak prestasi yang kita ukir, ribuan alumni hebat, dan kita siap menyambut gerbang ibu kota negara,” tandasnya.

Pada peringatan HUT ke-50 SMAN 1 Martapura tersebut, Eko berharap dengan tema “Teruslah melahirkan Generasi Cerdas, Berprestasi, Berilmu, dan Berakhlaqul Karimah”, SMAN 1 Martapura dapat menjadi bagian yang terdepan dalam menyiapkan generasi hebat dalam menyambut Indonesia emas tahun 2045.

Pada acara tersebut, juga ada penampilan tari dari Sanggar Smama, dan paduan suara dari komunitas Coice Smama, selanjutnya pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur, dan dilanjutkan dengan foto bersama. (shalokalindonesia.com/adpim kalsel)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *