PELEIHARI, shalokalindonesia.com- Kader Muhammadiyah yang memiliki karakter berkemajuan dan kesadaran kebangsaan dapat tumbuh dan berkembang secara berkesenambungan melalui Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (GKHW) Aman Suyadi kepada wartawan, setelah Pembukaan Musyawarah Wilayah HW Kalimantan Selatan di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel, Sabtu (24/2/2024).

Muswil HW Kalimantan Selatan diikuti seluruh Kwartir Daerah HW Kabupaten dan Kota di Kalsel berlangsung Sabtu sampai Minggu (25/2/2024) di Balai Diklat Loka Bina Praja, Tanah Laut.

Menurut Ramanda Aman Suyadi, kepanduan HW program dan kegiatannya bisa masuk pada berbagai lini di Organisasi Muhammadiyah, baik di berbagai Amal Usaha Muhammadiyah maupun Organisasi Otonom Muhammadiyah.

“Gerakan HW bisa ada di Sekolah-sekolah Muhammadiyah, di Panti Asuhan maupun di Organisasi Aisyiyah dan Lembaga lainnya,” tukas Aman Suyadi.

Dikatakan, program strategis HW secara Nasional melingkupi upaya peningkatan kualitas anggota dan pelatih serta menginternasionalisasi Gerakan Kepanduan HW.

Menyinggung Potensi Pengembangan HW di Kalsel, menurut Ramanda Aman, Kwartir Wilayah HW Kalsel potensial untuk tumbuh dan berkembang dilihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan, perlu penguatan data terkait Pelatih dan Anggota HW di Kalsel.

“Amanah bagi Ketua Kwartir Wilayah yang terpilih nanti untuk penguatan data dan program kegiatan HW di Kalsel.

Muswil ini ujar Ramanda Aman menjadi momentum untuk meningkatkan kinerja Organisasi Kwartir Wilayah HW Kalsel.

Sementara itu Ahmad Hairin mewakili Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalsel, mengharapkan kedepan HW Kalsel dapat meningkatkan kegiatan dengan berbagai kegiatan dan event, sehingga memberi warna dan nuansa pembinaan disiplin, keterampilan dan kreatifitas kader, anak sekolah dan Mahasiswa.

“Kita siap bikin event HW bersekala Regional maupun Nasional,” ucap Hairin.

Dalam Muswil HW Kalsel terpilih sebagai Ketua Bahrudin AR, dan Sekretaris Ramanda Hamdan Juwaeni, sebelumnya sudah membersamai HW Kalsel.

Kepada Wartawan, Bahrudin berkomitmen melaksanakan amanah sebagai Ketua Kwartir Wilayah HW Kalsel.

“Tentu ada sejumlah program yang harus dikerjakan bersama, penguatan data anggota pelatih menjadi prioritas,” ujarnya.

Dalam Muswil HW di Pelaihari ini, selain dihadiri Kwartir Daerah se Kalsel, hadir juga Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pendidikan Non Formal PWM Kalsel H.Tumiran dan Ketua Majelis Lingkungan Hidup PWM Kalsel Fathurrahman.

Selama ini HW Kalsel bersinergi dengan Majelis Dikdasmen dan Mejelis Lingkungan Hidup, dalam beberapa kegiatan di Kalsel. (shalokalindonesia.com/jn)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *