BANGKASELATAN, shalokalindonesia.com-SMA Negeri 1 Simpang Rimba Yang Beralamat Di Jalan Batin Tikal Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan telah sukses menggelar acara workskop In House Training yang difokuskan pada penguatan implementasi Kurikulum Merdeka, khusus bagi guru dan staf sekolah.

Kegiatan berlangsung selama 4 hari, pada tanggal 17-20 Oktober 2023 di laksanakan di ruang guru Smansa Simba , ini berhasil menghadirkan narasumber berpengalaman untuk memberikan wawasan dan ilmu yang berharga kepada para pendidik, dengan mengusung tema: mengembangkan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum merdeka “merdeka belajar, merdeka mengajar”.,

Yang mana kegiatan ini di hadiri oleh Arifinal Setyawan, S.Pd (waka kurikulum Sekolah penggerak SMAN 1 Namang),Dr. Kartika sari, M.Pd.I (Pengawas Kemenag kota pangkalpinang),Dessy Pratiwi Putri dari Dinas Energi dan Sumber daya mineral prov. Babel,Kepala Dinas pendidikan Ervawi, S.Pd., M.Pd., M.M,kepala sekolah SMAN 1 Simpang Rimba Yudi Sapriyanto, S. Pd, waka kurikulum Muh Tayyib Farkani, S. Pd, Si, waka kesiswaan Anasir, S. Pd, serta guru- guru Smansa Simba.

Kegiatan ini di buka resmi oleh pak kepsek Smansa Simba Yudi Sapriyanto, S. Pd pukul 08.22 WIB dalam sambutan nya ia menyampaikan “assalamualaikum wr wb puji dan syukur selalu senantiasa kita panjatkan kepada tuhan yang maha esa teruslah bergerak belajar, semoga para pemimpin kita dapat di berikan kesehatan selalu IHT kita insyaallah udah IHT yang ke dua. Alhamdulillah pada hari ini sama- sama kita melanjutkan implementasi kurikulum merdeka dengan tema merdeka belajar merdeka mengajar. Apa yang kita inginkan dari sebuah tema ini sudah kita ketahui bahwa guru sudah memiliki 4 kompetensi .Ada yang harus kita rubah dalam mengajar untuk sukses tentunya “ucapnya.

Hari pertama narasumber yang turut hadir adalah Jumani, M.Pd.,Ariifinal Setiawan, S.Pd(Wakakur SMAN 1 Namang)membahas materi tentang Paradigma Pembelajaran di Sekolah Penggerak,kosp di Sekolah Penggerak dan berbagi Praktik Baik di Sekolah Penggerak.

Hari kedua narasumber yang turut hadir adalah Dr. Kartika sari, M.Pd.I (Pengawas Kemenag kota Pangkalpinang), Dessy Pratiwi Putri dari Dinas Energi dan Sumber daya mineral prov. Babel dengan membahas materi Kriteria Modul Ajar bedah Komponen Modul Aja,Praktek Pembuatan Presentasi dengan Gamma App dan
Kepala Dinas pendidikan Ervawi, S.Pd., M.Pd., M.M membahas materi penguatan karakter untuk meningkatkan propesionalitas guru.

Hari ketiga narasumber yang turut hadir adalah Robi Pibra, S. Pd dengan membahas materi Penguatan Kurikulum Mereka Melalaui Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Dan hari ke empat dengan narasumber yudi sapriyanto ,S. Pd dan pemoderator Muh Tayyib Farkani ,S. Pd, Si membahas tentang Pembahasan dan Presentasi hasil diskusi KOSP/KTSP.

Para peserta In House Training terlibat dalam beragam kegiatan, termasuk workshop dan sesi diskusi kelompok ini memungkinkan mereka untuk berbagi pengalaman, pendapat, dan strategi yang dapat diterapkan secara efektif dalam pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka.

” Sangat berkesan dengan kegiatan IHT ini selama pelaksanaan hari Selasa sampai Jumat ini banyak ilmu yang dipelajari mulai dari KOSP kurikulum merdeka, modul ajar, penggunaan media chat GPT dan gamma untuk menunjang proses pembelajaran, budaya positif, dan PMM. Mudah-mudahan untuk selanjutnya bisa mengaplikasikan di kelas sehingga pembelajaran lebih bermakna dan berpihak pada murid”ucap salah satu guru smansa Simba Hadiatus Sarifah ,S. Pd.

Acara worskop yang di laksanakan oleh seruh guru-guru SMAN 1 Simpang Rimba ini berjalan dengan lancar sekali sangat terlihat jelas para guru antusias bahagia mengikuti kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar serta di tutup dengan mengucapkan hamdalah.

Penulis: Putri Rahmawati

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *