SHALOKAL.INDONESIA, JAKARTA-Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan kenaikan inflasi pada akhir tahun merupakan musiman karena ada peningkatan permintaan akibat liburan sekolah, Natal, dan Tahun Baru. Permintaan tersebut setidaknya terjadi pada komoditas pangan dan tarif angkutan. Kondisi ini juga terjadi pada akhir 2022 yang kemudian mendorong inflasi menembus 5,51 persen secara tahunan atau 0,66 persen secara bulanan.

“Ini adalah siklus bulanan, dimana kalau kita lihat empat bulan terakhir tertinggi ada di Desember 2022. Dan kalau kita lihat penyumbang inflasi di masing-masing tahun memiliki pola yang sama,” jelas Margo Yuwono dalam konferensi pers, Senin (2/1/2023

Margo menambahkan inflasi tertinggi terjadi di Kotabaru, Kalimantan (8,65 persen) dan terendah di Sorong, Papua (3,26 persen). Selain itu, sejumlah wilayah yang menyumbang inflasi nasional di antaranya Kota Baubau, Bukittinggi, dan Bandung.

Margo juga menyebutkan perekonomian global mengalami sejumlah guncangan sepanjang 2022. Akibatnya pertumbuhan ekonomi menjadi tertahan dan terjadi tekanan inflasi yang lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

“Misalkan Amerika Serikat inflasi tinggi karena dipicu inflasi karena energi dan makanan. Inggris, Jerman, Turki, Jepang, dan Korea Selatan juga demikian,” tambahnya.

Selain inflasi, menurut BPS, faktor lainnya yang mengakibatkan guncangan perekonomian global yaitu perang dan ketegangan geopolitik di sejumlah wilayah yang mendisrupsi rantai pasok. Dampaknya kemudian memicu kenaikan harga pangan dan energi.

Pemerintah seharusnya cepat menurunkan harga BBM subsidi pertalite dan solar. Karena dengan cara itu, pemerintah bisa membantu pemulihan daya beli.”

Sedangkan untuk sumber inflasi pangan, ia menyarankan pemerintah untuk memberikan subsidi pupuk dan bantuan pembiayaan bagi petani untuk memutus mata rantai inflasi. Tanpa kebijakan ini, petani akan terbebani suku bunga yang naik dan mengakibatkan harga pangan naik. (SI/VOA)

Editor: Erma Sari, S.Pd
Ket foto: Direktur CELIOS, Bhima Yudhistira (screenshot)

 

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *