BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Dalam rangka persiapan even Nasional, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar lomba keberhasilan sungai di Banjarmasin dan Kabupaten Banjar.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Alive Yoesfah Love, Jumat (23/2/2024).

“Lomba ini melibatkan 20 titik lokasi di dua wilayah tersebut, dengan fokus utama pada penanganan limbah plastik. Di Pasar Lama, warga, entitas, dan komunitas dari Kelurahan Pasar Lama aktif berpartisipasi dalam menyelenggarakan kegiatan ini,” katanya.

Mereka melakukan pemilahan limbah plastik, mencakup plastik keras dan plastik lainnya, sebagai upaya menjaga kebersihan sungai.

“Meskipun lomba berlangsung, pentingnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan sungai menjadi sorotan utama. Kegiatan bersih-bersih ini tidak hanya sekadar lomba, melainkan sebuah inisiatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat setiap minggu,” ucapnya

Meskipun sudah ada pasukan TPS yang membersihkan setiap pagi, kegiatan seperti ini di Pasar Lama diharapkan dapat memotivasi warga untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Pasar Lama, selain menjadi tempat kegiatan olahraga pagi dan jalan-jalan, juga merupakan spot wisata yang dikelola dengan baik. Kota Banjarmasin, yang dikenal sebagai kota seribu sungai, menjaga ikon tersebut dengan sungguh-sungguh, termasuk mengurangi penggunaan plastik dan mempromosikan daur ulang.

“Peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dan lingkungan secara menyeluruh. Koordinator di wilayah Kelurahan Pasar Lama berharap bahwa kesadaran ini terus meningkat, dan pihaknya siap mendukung perubahan positif dalam pengelolaan lingkungan hidup,” harapnya. (shalokalindonesia.com/rls).

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *