MARTAPURA, shalokalindonesia.com- petugas Polsek Martapura Timur berhasil mengamankan sebuah meriam yang terindikasi akan dinyalakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Berdasarkan laporan dari warga, petugas segera merespons dengan cepat dan berhasil menemukan meriam tersebut di Desa Keramat Baru.

Meriam berupa pipa besi dengan panjang 3 meter dan diameter 16 cm, yang telah dimodifikasi, serta dua pipa besi lainnya, berhasil diamankan oleh petugas Kapolsek IPDA Bagus Fika Covalianton, SH bersama anggota piket berhasil menangani situasi tersebut dengan responsif.

Tindakan penertiban ini dilakukan guna mencegah kemungkinan dinyalakannya meriam tersebut, mengingat adanya kebiasaan masyarakat setempat dalam menyalakan meriam menjelang Idul Fitri. Meskipun kebiasaan ini mendapat dukungan dari sebagian warga, namun kaum lansia menunjukkan resistensi karena dampak suara meriam yang berisik terhadap kesehatan dan kerusakan infrastruktur bangunan.

Polri, khususnya Polsek Martapura Timur, telah melakukan langkah-langkah secara tertata, termasuk sosialisasi melalui Bhabinkamtibmas Desa dan media sosial oleh Humas Polres Banjar. Langkah terakhir yang diambil adalah meminimalisir kemungkinan suara meriam dengan mengamankan pelaku atau sarana meriam serta menyebarkan informasi ini melalui berbagai media sosial sebagai tindakan shock therapy bagi pelaku lainnya.

Selama proses penertiban berlangsung, situasi berjalan dengan tertib, aman, dan lancar. (Humresbjr)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *