SHALOKALINDONESIA.COM, BANJARMASIN- Kabar gembira, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (BI Kalsel)

bakal menggelar pelayanan penukaran uang selama Ramadan.

Program ini bertajuk SERAMBI 2023 (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri 2023). Pembukaan (launching) SERAMBI 2023 akan dilaksanakan esok hari, Selasa (21/03).

Direktur BI Kalsel, Budi Widihartanto menyampaikan, pihaknya sudah melakukan ujicoba inovasi layanan penukaran uang Rupiah, yaitu kas keliling susur sungai Martapura pada 14 Maret 2023, dan layanan tukar uang tanpa turun kendaraan (drive-through) di kantor BI Kalsel pada 16 Maret 2023

“Animo masyarakat cukup tinggi. Sehingga demi memenuhi kebutuhan uang kartal bagi masyarakat dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, dan kualitas yang layak edar (clean money policy), maka BI Kalsel akan melanjutkan layanan penukaran uang tunai selama bulan Ramadan,” jelasnyajelasnya, Senin (20/3/2023).

Ia bilang, ada tiga jenis inovasi layanan penukaran yang akan kami lakukan selama Ramadan. Yaitu kas keliling susur sungai Martapura menggunakan perahu bermotor (kelotok), layanan tukar uang tanpa turun kendaraan (drive-through), dan kas keliling di Pasar Wadai Ramadan menggunakan mobil kas.

Untuk itu, lanjut Budi, pihaknya telah menyusun jadwal layanan penukaran uang untuk masing-masing kegiatan. Pertama, kas keliling susur sungai Martapura, akan diselenggarakan selama dua kali, yaitu tanggal 17 April 2023 dan 19 April 2023.

Kedua, layanan tukar uang tanpa turun kendaraan di kantor BI Kalsel, Jl. Lambung Mangkurat No.15 Banjarmasin, akan dilakukan sebanyak sembilan kali. Yaitu pada pembukaan kegiatan SERAMBI 2023 tanggal 21 Maret 2023, kemudian tanggal 3 s.d. 6 April 2023, dan tanggal 10 s.d. 13 April 2023.

Terakhir, layanan kas keliling di Pasar Wadai Ramadan, akan diselenggarakan secara bergantian di Taman Siring nol kilometer Banjarmasin, dan Menara Pandang Siring Banjarmasin.

” Totalnya sebanyak empat kali, dimulai sejak tanggal 10 s.d. 13 April 2023.
Selain melalui tiga kegiatan penukaran yang dilakukan BI Kalsel tadi,” cetusnya.

Budi juga mengingatkan dan mengimbau bahwa masyarakat juga bisa menukarkan uang Rupiah melalui kantor cabang bank umum dan BPR di Kalimantan Selatan.

“Tepatnya ada 207 kantor cabang bank umum dan BPR yang berpartisipasi dalam kegiatan SERAMBI 2023 ini,” jelas Budi.

Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya dapat terlebih dahulu mempelajari syarat penukaran uang Rupiah melalui kas keliling yang dapat diakses pada tautan https://pintar.bi.go.id/Order/SyaratPenukaranKasKeliling maupun syarat penukaran uang rusak/uang cacat pada tautan https://pintar.bi.go.id/Order/SyaratPenukaran

“Ke depan, BI Kalsel akan terus berkomitmen memberikan layanan kas yang prima agar masyarakat semakin mudah untuk memperoleh uang Rupiah layak edar, dalam jumlah yang cukup, dan pecahan yang sesuai,” tutup Budi. (shalokalindonesia.com/si/rls)

Editor: Erma Sari, S. pd
Ket foto: pasar terapung Banjarmasin. (Foto: BI Kalsel)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *