BANJARMASIN, shalokalindonesia.com- Pemerintah mengumumkan pembukaan seleksi calon aparatur sipil negara atau ASN.

Hal itu disampaikan langsung Presiden RI, Joko Widodo didampingi Mensesneg Pratikno dan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat memberikan keterangan pers, Sabtu (6/1/2024).

Dalam video BPMI Setpres, Joko Widodo menyampaikan dalam menghadapi teknologi yang sangat pesat, pemerintah memerlukan pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung dan mendorong akuntabilitas pemerintah.

Ia menambahkan, pemerintah juga memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang.

“Yang tersebar di instansi pusat sebanyak 207 ribu dan instansi daerah sebanyak 483 ribu,” katanya.

Selain itu, pemerintah juga akan menyelesaikan tenaga non ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat UU no 20 tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1.600.000 formasi yang belum diangkat sebagai PPPK.

“Formasi – formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan, sehingga tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 2.300.000 formasi, ” terangnya.

Ia juga meminta talenta muda untuk memanfaatkan rekrutmen CPNS 2024 ini dengan baik. (shalokalindonesia.com/na)

Editor: Erma Sari, S. Pd

Foto: Kemenpanrb

 

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *