BANJARBARU, shalokalindonesia.com– Dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, Polres Banjarbaru melaksanakan patroli ke lokasi rumah-rumah yang ditinggal pemudik.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya tindakan kriminalitas seperti pencurian maupun perusakan yang mungkin terjadi saat rumah pemudik ditinggalkan dalam keadaan kosong. Petugas patroli akan menyambangi rumah-rumah yang ditinggal mudik untuk memastikan keamanan serta ketertiban di sekitar lokasi tersebut.

Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., mengatakan bahwa patroli ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat.

“Menyikapi adanya libur panjang selama momen Idul Fitri ini, Polres Banjarbaru mengambil langkah preventif dengan melakukan patroli rutin ke daerah-daerah rawan dan rumah yang ditinggalkan mudik oleh pemiliknya, kami ingin memastikan bahwa masyarakat yang mudik merasa aman dan nyaman. Oleh karenanya, kami melaksanakan patroli ke lokasi-lokasi tersebut,” ucap AKBP Dody Harza Kusumah, Selasa (09/04/2024).

Dalam patroli tersebut, Petugas Polres Banjarbaru tidak hanya melakukan pemantauan terhadap keamanan fisik rumah-rumah yang ditinggalkan pemudik, tetapi juga berkomunikasi dengan warga sekitar untuk memberikan informasi terkait tindakan preventif yang dapat dilakukan guna mengurangi risiko tindak kriminalitas.

Kapolres Banjarbaru menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk saling menjaga keamanan lingkungannya.

“Jika melihat orang yang mencurigakan, segera laporkan kepada Bhabinkamtibmas ataupun Polsek terdekat,” imbuhnya.

Selain itu, AKBP Dody Harza Kusumah juga mengimbau kepada masyarakat yang merencanakan perjalanan mudik untuk tetap waspada dan memberikan informasi kepada tetangga atau petugas keamanan setempat apabila akan meninggalkan rumah untuk jangka waktu yang cukup lama.

Berikut beberapa tips untuk menjaga keamanan rumah saat ditinggal mudik:

– Titipkan rumah kepada tetangga atau keluarga yang dapat dipercaya.
– Matikan semua peralatan elektronik yang tidak perlu.
– Cabut semua kabel listrik yang terhubung ke peralatan elektronik.
– Kunci semua pintu dan jendela dengan rapat.
– Pasang kunci pengaman tambahan di beberapa sudut dan bagian rumah.
– Laporkan ke RT/RW ataupun petugas keamanan setempat bahwa anda akan mudik.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan rumah anda akan aman selama ditinggal mudik lebaran.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *