SHALOKALINDONESIA.COM, BANJARMASIN- Banjarmasin menjadi salah satu tempat pemantauan hilal di Indonesia dari 124 titik tempat pemantauan hilal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia oleh karenanya Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kalsel melalui Bidang Urusan Agama Islam (Urais) dan Bimbingan Syariah menggelar Rukyatul Hilal yang dilaksanakan di Rooftop Hotel Zury Express Banjarmasin, Rabu sore (21/3/2023).

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd mengatakan hasil dari pelaksanaan rukyatul hilal tersebut nantinya akan disampaikan ke Kemenag Pusat untuk menjadi salah satu bahan dalam penetapan (Istbat). “Hasil pemantauan hilal sore ini akan dilaporkan setelah acara Rukyatul Hilal kepada Menteri Agama RI sebagai bagian dari bahan penetapan awal bulan Ramadhan 1444 H,” katanya.

Tambrin menerangkan, sidang Itsbat menjadi sangat penting, terlebih pada saat ini sudah diberlakukan Kriteria Imkanurrukyat MABIMS terbaru, yaitu tinggi hilal 3° (tiga derajat) dan sudut elongasi 6,4° (Enam koma empat derajat) yang ditetapkan berdasarkan Surat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam tanggal 25 Februari 2022, Nomor B-79/DJ.III/HM.00/02/2022 perihal Pemberitahuan Penggunaan Kriteria Imkanur Rukyat MABIMS Baru yang digunakan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

“Karena itulah Penetapan Awal Ramadhan 1444 H akan menunggu Keputusan Pemerintah RI (Menteri Agama RI) setelah pelaksanaan Sidang Itsbat Kementerian Agama RI, dan karena itu juga, maka Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2023 akan dipublis sesegeranya secara resmi setelah ada keputusan Menteri Agama RI tersebut,” terangnya.

Tambrin mengharapkan, kiranya pelaksanaan Ibadah Ramadhan 1444 H tahun ini, umat muslim Indonesia khususnya masyarakat Kalimantan Selatan dapat melaksanakan dengan kekhusyuan, tertib, damai dan tentram. “Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memberikan contoh saling hormat-menghormati antar sesama dengan bingkai moderasi beragama,” pungkasnya.

Turut menghadiri dan menyaksikan Kegiatan Rukyatul Hilal tersebut perwakilan dari Biro Kesra Kalsel, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsuddin Noor Banjarmasin Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel, Anggota Badan Hisab Rukyat Kalsel serta Anggota Lajnah Falaqiyah PWNU Kalsel dan Jajaran Kanwil Kemenag Kalsel serta Tim Hisab Rukyat Awal Bulan Ramadhan 1444 H. (shalokalindonesia.com/rls)

Editor: Erma Sari, S. Pd
Ker foto: Pemantauan hilal. (Foto: Kemenag Kalsel)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *