JAKARTA, shalokalindonesia.com- Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima penghargaan Merdeka Awards 2023 hasil penilaian Pemerintah Pusat bekerja sama dengan redaksi media nasional merdeka.com yang diserahkan langsung di Jakarta, Rabu (30/08).

Penghargaan diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI diwakili oleh Deputi Bidang Komunikasi, Informasi dan Aparatur DR. Marsda TNI Arif Mustofa atas sumbangsih ide dan gagasan Paman Birin untuk kemajuan negeri.

Penyerahan penghargaan juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, perwakilan Kementerian Pertanian, perwakilan Kementerian Tenaga Kerja, serta perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Paman Birin diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muhamad Muslim menerima penghargaan atas upaya perubahan dalam birokrasi pemerintahan dan pelayanan publik.

“Alhamdulillah, di tengah perayaan Hari Jadi ke-73, Kalsel kembali mendapatkan penghargaan nasional di kategori Reformasi Birokrasi,” terang Muslim.

Hal ini menunjukkan bahwa Kalsel semakin diakui di kancah nasional dan pantas menjadi Gerbang Ibukota Negara dan pintu keselamatan, Kalsel Babussalam.

Penilaian dilakukan oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian UKM dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia bekerja sama dengan redaksi merdeka.com

Adapun fokus penilaian yang diperoleh Kalsel berdasarkan program terobosan dalam manajemen perubahan, transparansi dan keterbukaan informasi publik, penguatan pengawasan dan kualitas pelayanan publik, serta penguatan akuntabilitas kinerja.

“Kita mendapatkan penghargaan karena berbagai inovasi program seperti aplikasi Srikandi, e-Dialog, e-Mutasi, Datu Soban, dan Lapor Paman, serta capaian kinerja SAKIP A, laporan keuangan WTP, dan BKN Award,” jelas Muslim.

Terkait penilaian tersebut, Pemimpin Redaksi merdeka.com Darojatun menambahkan bahwa penghargaan ini diberikan kepada perorangan, kelompok masyarakat, pelaku bisnis, dan institusi pemerintahan yang telah memberikan gagasan inspiratif untuk kepentingan publik.

“Kami nilai Provinsi Kalsel layak mendapatkan kategori Reformasi Birokrasi bersama dengan Provinsi Jawa Barat, Kota Depok, Kota Surabaya, Kabupaten Poso, dan PT.PLN, ” tegasnya.

Selain Reformasi Birokrasi, Merdeka Awards tahun ini juga memberikan penghargaan di kategori Penguatan Ekspor Daerah, Desa Wisata, Inovatif Pendampingan UMKM, Inovatif Untuk Negeri, dan Sosok Inspiratif Untuk Indonesia.

Merdeka Awards adalah Inspirasi Indonesia. Sebuah ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Tahun 2023 adalah ketiga kalinya merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan tersebut. Kalsel MC/EPN

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *