ALANGAN, shalokalindonesia.com- Desa Balang terus berinovasi dalam memajukan ekonomi dan kemandirian desa untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Berbagai kegiatan telah dilakukan, kali ini dilakukan kegiatan balanting mudik yang artinya berakit bambu ke hulu yang mana filosofinya berakit bambu ini sudah tergerus zaman, namun kita tidak melupakan bahwa lanting yang terbuat dari bambu yang diikat menjadi salah satu warisan budaya dan alat transportasi ataupun mencari ikan dalam keseharian Masyarakat Balangan.

Selain kegiatan lomba balanting mudik juga dilaksanakan kegiatan membuat kue hintalu karuang/gayam/kikcak yang telah menjadi makanan khas saat ada acara hajatan.

Selama 4 hari kegiatan berlangsung, Masyarakat terus berhadir meliat kegiatan dan mengunjungi warung UMKM yang tersedia, dengan beraneka dagangannya. Sejak pagi warga Desa Balang Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan berkumpul di tepi sungai untuk menyaksikan serunya lomba balanting. Peserta harus berjuang mengayuh lanting melawan arus sungai Balangan yang cukup deras.

Melalui program desa mandiri Adaro – Balangan Coal masyarakat dapat memetakan potensi desa dan sumberdaya yang dimiliki untuk dapat dikembangkan sebagai potensi ekonomi. Setiap desa memiliki kekhasannya masing-masing, tinggal merencanakan untuk dijadikan proyek untuk peningkatan ekonomi Masyarakat.

Achadi Riyadi mengatakan “kegiatan ini dapat terus dikembangkan dan dilanjutkan, banyak potensi/fasilitas yang bisa ditambahkan seperti flying fox, zona berkemah, agrowisata, dll. Balangan coal akan terus mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif dan kegiatan CSR lainnya.

Lomba balanting mudik diikuti 13 peserta dari berbagai desa di Kabupaten Balangan. Juara lomba Balanting dimenangkan oleh Desa Paran, Linmas Desa Binju, Danau Banta, Desa Balang RT I & Desa Halong.

Yadin Ketua Pelaksana dari kegiatan ini mengatakan perlombaan diikuti kelompok yang terdiri dari dua orang peserta.

“Kegiatan ini diharapkan juga mampu menjadi awal menjadikan Desa Balang menjadi desa wisata, rencananya akan kami adakan setiap tahun,” ujarnya.

Terpisah, Camat Paringin Renny Yudisthesia mengatakan, pihak kecamatan sangat mendukung dengan kegiatan lomba balanting yang tergabung dalam pekan desa ini. (shalokalindonesia.com/rls)

Editor: Erma Sari, S. Pd

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *