BATOLA, shalokalindonesia.com- Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan aksi nyata untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan menanam 1850 pohon mangrove secara serentak. Kegiatan ini digelar dalam rangka perayaan HUT ke-72 Humas Polri dan berpusat di Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Jumat (13/11/2023) pukul 08.00 WITA.

Kegiatan tersebut dipimpin Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K. dengan dihadiri Kasubbid Multimedia Bid Humas Polda Kalsel beserta personel Bid Humas Polda Kalsel, personel Polres Batola, serta rekan-rekan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI).

Polda Kalsel dalam kesempatan ini menanam sebanyak 1850 bibit pohon mangrove yang tersebar di 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan yang menjadi fokus upaya pelestarian ekosistem pesisir.

1850 pohon itu terdiri dari Polda Kalsel 200 Pohon Rambai, Polresta Banjarmasin 100 Pohon, Polres Banjarbaru 100 Pohon, Polres Banjar 100 Pohon, Polres Tapin 100 Pohon, Polres HSS 100 Pohon, Polres HST 100 Pohon, Polres HSU 100 Pohon, Polres Tabalong 100 Pohon, Polres Balangan 200 Pohon, Polres Tala 150 Pohon, Polres Tanbu 150 Pohon, Polres Kotabaru 250 Pohon, dan Polres Batola 100 Pohon.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H. melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K., menyampaikan gerakan penghijauan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap kelestarian lingkungan khususnya di wilayah Kalimantan Selatan yang saat ini terdampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menurutnya, pentingnya upaya pelestarian mangrove dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Ia juga mengapresiasi kerjasama antara kepolisian, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam upaya ini.

“Kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan wujud komitmen Polda Kalsel dalam mendukung program pelestarian lingkungan, sekaligus merayakan HUT ke-72 Humas Polri. Kami berharap aksi ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan,” ujar Kabid Humas.

Penanaman pohon mangrove di Pulau Bakut dan Pulau Curiak diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam menjaga ekosistem laut dan melindungi daerah pantai dari erosi. Dengan perayaan HUT Humas Polri yang penuh makna ini, diharapkan semakin banyak pihak yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam menjaga alam dan lingkungan hidup.

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *