SHALOKAL.INDONESIA, BANJARMASINalam rangka pelaksanaan Jaminan Kesehatan Semesta yangmana semua penduduk, termasuk juga Mahasiswa dan Civitas Akademika Perguruan Tinggi khususnya di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat, juga tentunya harus mereka terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan.

Kepala Klinik Pratama Lambung Mangkurat Medical Center, Prof drg Rosihan Adhani kepada RRI menyampaikan, tingkat kepesertaan yang terdaftar masih rendah di Klinik Pratama Universitas Lambung Mangkurat, diharapkan seluruh Mahasiswa yang aktif dan selama mereka menjadi mahasiswa atau menempuh pendidikan, diharapkan bisa dilayani dan menjadi peserta kesehatan layanan di Universitas Lambung Mangkurat.

“Hal ini tentunya memang sebuah konsekuensi. Karena tidak mungkin mereka itu yang berasal dari daerah, apalagi jauh dari kampus, kalau sakit, pada saat dia jadi Mahasiswa, pulang dulu untuk berobat. Sementara kita sudah menyediakan fasilitas itu. Baik di Banjarmasin maupun di Banjarbaru. Dan ini adalah untuk kepentingan mereka juga. Agar kesehatannya selalu terjaga. Siap untuk mengikuti pembelajaran,” ungkap Rosihan.

Dikatakan, pada tahun ini pihaknya akan mendorong atau memfasilitasi pemindahan atau alih fasilitas kesehatan dan dari pihak BPJS (BPJS Banjarmasin) juga sudah memberikan dukungannya. Dan itu hanya persoalan simpel saja, sederhana, dengan menggunakan mobile aplikasi, mengubah di aplikasi, tanpa harus mengubah status waktu dia mendaftar.

“Jadi Mahasiswa tersebut bisa saja masih terdaftar di tempat asalnya bersama keluarganya. Cuma fasilitas kesehatannya saja, yang tadinya di lokasi di tempat asal atau di daerah, dipindahkan selama dia menempuh pendidikan. Setelah dia selesai pendidikan, bisa kembali lagi ke tempat asalnya. Jadi tidak begitu bermasalah,” Rosihan menjelaskan.

Berkaitan dengan premi dan lain-lain, kata Rosihan, Mahasiswa tersebut bisa menyelesaikan di tempat asalnya. Demikian juga kata Rosihan, pada saat penerimaan Mahasiswa baru nantinya, akan mengintegrasikan penerimaan Mahasiswa baru dengan pendaftaran ulangnya, otomatis nanti juga menjadi peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar di Universitas Lambung Mangkurat. Sehingga tidak perlu lagi untuk melakukan perubahan faskes dan sebagainya. Jadi pada saat mendaftar, sudah otomatis dialihkan atau dia mendaftar baru sebagai peserta, dan itu selama dia mengikuti pendidikan di Universitas Lambung Mangkurat. (SI)

Editor: Erma Sari, S.Pd
Ket foto: Kepala Klinik Pratama Lambung Mangkurat Medical Center, Prof drg Rosihan Adhani. (Foto: SI)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *