SHALOKAL. INDONESIA, BANJARMASIN- :  Sebelum mengakhiri tahun 2022, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalimantan Selatan kembali menebar manfaat guna pemberdayaan UMKM Banua dengan lanjutan Program MAJMA “Masjid Jamaah Makmur” Angkatan II.

Kegiatan berlangsung dengan pemberian modal sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah), guna menopang UMKM di Kota Banjarmasin. Program ini bekerjasama dengan KL Lazismu Ar Rahim.

Secara simbolis modal diserahkan oleh Sekretaris Umum MES Kalsel Rizky Fadhillah, SST,. M. Tr.Bns., CIRBD pada hari Kamis (22/12/2022) di Masjid Ar Rahim Banjarmasin.

H Mairijani M. Ag, selaku Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalsel menyatakan, dengan kegiatan ini diharapkan peserta penerima dapat mengembangkan usahanya dan jamaah tetap meramaikan sholat berjamaah dan kajian-kajian di masjid.

“Jadi tujuannya modal ini diberikan agar masjid makmur dengan jamaah dan jamaah makmur dengan kita berdayakan ekonomi mereka. Para penerima manfaat kita latih kedisiplinan juga melalui tabungan emas sebagai salah satu produk Pegadaian Syariah, sehingga angka inklusi keuangan syariah di Kalsel juga meningkat. ” ungkapnya.

Dalam program MAJMA “Masjid Jamaah Makmur” Angkatan II ini, berbagai jenis usaha dari para UMKM yang didukung, seperti kacang krispi, salad buah, bakso tahu, donat dan lain-lain. Selain bantuan modal yang diberikan, nanti akan ada pendampingan dan pelatihan yang diberikan MES Kalsel kepada para UMKM, misalnya bagaimana pengemasan produk yang baik, branding, bahkan sampai pelatihan manajemen usaha dan keuangan serta digitalisasi.

Mewakili para penerima manfaat Ketua KL Lazismu Ar Rahim H. Luthfi Rahman sangat mengapresiasi dan mendukung apa yang dilaksanakan oleh MES Kalsel, dan menyebut UMKM merupakan penggerak utama roda perekonomian masyarakat.

“Mari kita bangun spiritual dan juga ekonomi masyarakat, sebagaimana fungsi masjid di zaman Rasulullah. Mari kita jadikan masjid sebagai sentral kegiatan, tidak hanya tempat ibadah tetapi juga jihad mengembangkan ekonomi jamaah,“ ungkap Luthfi.

Sekretaris Umum MES Kalsel Rizky Fadhillah, SST,. M. Tr.Bns., CIRBD menambahkan, komitmen MES Kalsel  mendukung dan berkontribusi untuk kemajuan UMKM Banua di Kalsel, serta meningkatkan inklusi Lembaga Keuangan Syariah dengan menggandeng Pegadaian Syariah dalam mengembangkan usaha mereka, melalui program tabungan emas. Diharapkan ke depan usaha yang mereka geluti lebih baik melalui program yang diselenggarakan ini.

Kegiatan ini adalah angkatan II, dari target 1.000 UMKM yang direncanakan oleh MES Kalsel , insya Allah Program MAJMA “Masjid Jamaah Makmur” akan dilaksanakan secara bertahap, tentunya bekerjasama bersama lembaga/institusi yang lain, baik Pemerintah maupun Lembaga Swasta. (Si)

Editor: Erma Sari, S.Pd
Ket foto: penyerahan bantuan. (Foto: si)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *