SHALOKALINDONESIA.COM, BANJAR- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan menggelar penjualan berbagai produk hasil program kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bertajuk ‘one day, one prison’s product’ dalam rangka semarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023, di Aula Ruang Kunjungan, Selasa (28/03/2023).

Kepala Lapas (Kalapas) Wahyu Susetyo mengatakan, pihaknya mengenalkan dan memasarkan berbagai produk hasil pembinaan kemandirian WBP kepada masyarakat secara luas.

Sebagai bukti bahwa selama berada di Lapas, WBP bisa produktif dan mampu berkarya.

Dijelaskannya, Lapas Narkotika Karang Intan menyelenggarakan berbagai program kemandirian bagi WBP sebagai bekal sebelum kembali ke masyarakat, yang diharap menjadi pribadi yang lebih baik dan bernilai untuk menjalani kehidupan dengan lebih mandiri.

Aneka produk yang dipamerkan dan dipasarkan diantaranya berbagai hasil perkebunan, peternakan, perikanan, sablon, kain sasirangan serta miniatur rumah adat dan lainnya.

“Harga yang ditawarkan lebih murah, terus kualitas jualannya tidak kalah dengan yang ada di luar dan barusan saya membeli tempe dan sayur-sayuran. Jika dilihat dari hasil kemandirian yang dipasarkan hari ini, saya yakin ilmu yang didapat WBP akan berguna saat berada di luar nanti,” ungkap salah seorang pembeli, Muhammad Sayid.

Keuntungan dari penjualan hasil pembinaan kemandirian akan menjadi komponen bagi Penerimaan Negara Bukan Pajak, di samping premi lainnya yang juga menjadi hak WBP berupa tabungan yang nantinya diberikan saat mereka bebas.

Para pembeli juga berkesempatan mengikuti undian berhadiah masing-masing Rp 1.000.000,- bagi 10 orang pemenang dengan ketentuan:

Melakukan pembelian produk minimal Rp 50.000,-, kemudian menggunggah foto/video di akun Instagram pribadi dengan menampilkan produk dan kwitansi pembelian. Pada kolom caption wajib mencantumkan tagar #AkuBeliProdukNapi dan akun official Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) @ditjenpas.

Pembeli yang ingin mengikuti undian wajib mengisi formular pada tautan https://vetlas.net/produknapi59. Undian akan dilaksanakan pada tanggal 04 Mei 2023 dalam acara Tasyakuran Menuju 59 Tahun Pemasyarakatan yang dapat disaksikan secara langsung di akun YouTube Humas Ditjenpas.(shalokalindonesia.com/rls)

Editor: Erma Sari, S. Pd

Ket foto: kegiatan WBP.  (foto: MC Banjar)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *