SHALOKAL, INDONESIA, JAKARTAPengamat politik dari Lingkar Madani, Ray Rangkuti menilai sikap Megawati yang belum mau mengumumkan siapa capresnya merupakan bagian dari strategi. Menurutnya, jika putri presiden Soekarno itu cepat mengumumkan capresnya, maka hampir bisa dipastikan nama Puan Maharani yang akan disebutkan.

Jika sampai bulan Maret, Megawati tidak kunjung mengumumkan maka menurutnya besar kemungkinan nama lain yang akan disebutkan adalah Ganjar Pranowo.

“Kalau cepat karena memang Mbak Puan butuh suara sehingga jika dia cepat diumumkan akan lebih baik sehingga yang bersangkutan bisa lebih dikenal masyarakat sebagai calon presiden.

Kalau dibuat lambat, pilihannya ada Ganjar. Ganjar kan sudah sangat tinggi elektabilitas bahkan tanpa dukungan PDI-Perjuangan, sehingga kalau dibacakan agak lama, itu tidak terlalu merugikan PDI-Perjuangan dan Ganjar sendiri,” ungkap Ray.

Ray mengatakan pernyataan Megawati yang menyebut capres dari kader partai merupakan kritik yang sehat. Tapi, lanjut Ray, imbauan seperti itu sekaligus menjadi ujian buat PDI-Perjuangan agar konsisten mendukung kadernya sendiri sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

Hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia menunjukan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto meningkat dalam dua bulan terakhir. Sementara itu, elektabilitas capres usungan Partai Nasdem, Anies Baswedan mengalami penurunan. Dari November ke Desember 2022, dukungan terhadap Ganjar meningkat dari 33,9 persen, menjadi 35,8 persen dan Prabowo dari 23,9 persen menjadi 26,7 persen. Sementara Anies, dari 32,2 persen menurun jadi 28,3 persen. (Si/VOA)

Editor: Erma Sari, S. pd
Ket foto: Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan di Jakarta Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Januari 2023. (YouTube/screengrab

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *