BANJARMASIN, shalokalindonesia.com– Ratusan pesepeda di Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti ajang pemanasan lomba balap sepeda amatir bertajuk Road to L’Etape Indonesia di Kalsel, Minggu (7/5) pagi.

Peserta dilepas Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin di kawasan Siring 0 Kilometer Banjarmasin.

Pada pelepasan itu, Paman Birin yang menggunakan rompi kuning itu didampingi antara lain oleh Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK, Kapolda Kalsel Irjen Rian, Sekretaris Daerah Provinsi Roy Rizali Anwar dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Hermansyah.

Paman Birin mengatakan, event ini sangat membanggakan Kalsel dan diharapkan membawa dampak positif bagi perekonomian dan pariwisata di Banua.
Ia pun berpesan kepada para peserta atau pegowes, agar menjaga keselamatan selama kegiatan berlangsung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah menambahkan, penunjukan Provinsi Kalsel sebagai salah satu lokasi pemanasan, jadi kebangsaan pemerintah provinsi dan masyarakat provinsi 13 dengan kabupaten/kota ini.

Ia berharap ajang ini menjadi kebangkitan olahraga di Kalsel dan daerah ini semakin dikenal masyarakat luas di tanah air.

Lomba balap sepeda amatir dengan lisensi L’Etape Tour de France ini terselenggara di 21 negara yang menawarkan petualangan olahraga dan wisata atau biasa dikenal dengan sport tourism.

Untuk L’Etape Indonesia sendiri nantinya akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 28 Mei 2023 mendatang.

Sebagai ajang pemanasan, Kalsel yang memiliki panorama pemandangan cukup indaglh, menjadi salah satu tempat dilaksanakannya Road to L’Etape Indonesia.

Lomba balap sepeda ini pun turut diikuti sebanyak 495 orang peserta dengan dua kategori yang akan di perlombakan, yakni kategori Long dengan jarak 139 Km dan karegori Short dengan jarak tempuh 40 Km.

Lomba ini akan dimuali dari titik 0 km Banjarmasin, yang mana peserta mengikuti kategori Long akan menuju kawasan Gunung Mawar dan kategori Short menuju Bundaran Liang Anggang.

Sebelumnya, Direktur L’Etape Indonesia by Tour de France, Zacky Badrudin, mengungkapkan, event kali ini merupakan rangkaian sebelum digelarnya L’etape Indonesia by Tour de France di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada 28 Mei mendatang.

Ia juga mengatakan bahwa para peserta yang mengikuti lomba ini tidak hanya menggunakan roadbike, tetapi ada juga peserta yang menggunakan sepeda non roadbike.

Alasan Kalsel menjadi salah satu lokasi Pre-Event L’Etape Indonesia, karena provinsi ini memiliki kondisi jalan dan infrastruktur penunjang yang terbulang cukup mulus. ditambah lagi pemandangan indah di sepanjang rute yang akan dilintasi para peserta.

Dikatakan juga, lomba ini juga menerapkan sistem keselamatan dan keamanan sesuai dengan stadart. Dimana pihaknya menggandeng promotor olahraga asal Indonesia yang sudah teruji dalam berbagai gelaran event serupa.

Tak hanya menyediakan tim medis dan ambulans yang bersiaga mengiringi perjalanan para pesepeda di dua rute tersebut, pihaknya juga menempatkan sejumlah titik istirahat atau Water Station yang dapat dimanfaatkan peserta.
Untuk rute Long juga ada dua penghargaan khusus, yakni King of Mountain (KoM) dan Queen of Mountain (QoM), bagi peserta pertama yang berhasil melalui Gunung Mawar. (shalokalindonesia.com/rls)

Editor: Erma Sari, S. Pd
Ket foto: Road to L’Etape Indonesia di Kalsel. (Foto: Adpim Kalsel)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *