SHALOKAL. INDONESIA, TANAH LAUT– Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin mengatakan pembangunan pabrik minyak makan merah di banua merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap perkembangan koperasi.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalimantan Paman Birin melalui Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar pada peresmian pabrik kelapa sawit dan peletakan batu pertama pabrik minyak makan merah, di, Desa Tajau Mulia, Kabupaten Tanah Laut, Selasa (31/1) siang.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini, membuktikan bahwa pemerintah sangat peduli dengan perkembangan koperasi dan UKM di Kalimantan Selatan,” katanya.

Menurut Paman Birin, pembangunan pabrik CPO dan peletakan batu pertama pembangunan minyak makan merah ini merupakan bukti nyata dari keberhasilan koperasi dalam mengelola usaha perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Selatan.

Disampaikanya, pembangunan pabrik ini, bisa menjadi solusi bagi para petani sawit dan juga berpotensi memberikan tambahan pendapatan bagi kalangan petani kelapa sawit.

Menurut Paman Birin, Kalimantan Selatan memiliki potensi besar dalam pengembangan potensi industri kelapa sawit, yakni dengan luasan sebesar 427 ribu 616 hektar, baik yang diusahakan oleh perkebunan besar swasta/ negara maupun perkebunan rakyat.

Dengan potensi tersebut, Kalimantan Selatan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian Kalimantan Selatan. (si)

Editoe: Erma Sari, S.pd
Ket foto: Peresmian pabrik minyak. (Foto: Adpim)

Iklan
Share:

Shalokal Indonesia

Shalokal Indonesia adalah media online dibawah PT Shalokal Mediatama Indonesia dengan kantor di Kalimantan Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *